Hanya 2 Motor Bebek Meluncur di Tahun 2020, Sepi Peminat?

Hanya 2 Motor Bebek Meluncur di Tahun 2020, Sepi Peminat?
Minggu, 27 Desember 2020 11:00
Brian

Motor bebek pernah menjadi pilihan paling populer di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Namun saat ini, tampaknya segmen yang satu ini cukup sepi peminatnya. Hal tersebut dapat terlihat melalui jumlah motor bebek yang meluncur di tahun 2020.

Berdasarkan pantauan OtoRider, motor bebek yang meluncur di tahun 2020 hanya dua model saja. Pertama adalah Viar Star NX yang mengaspal di Indonesia pada 11 Maret 2020 kemarin. Kemudian Honda CT 125 yang merupakan motor bebek legendaris sejak zaman dahulu.

   Baca Juga: Penjualan Sepeda Motor di Tahun 2020 Menurun Drastis!

Memang saat ini ketiga pabrikan besar Jepang, yakni Honda, Yamaha, dan Suzuki masih memasarkan motor bebek di jaringan dealernya. Namun tidak ada dari motor-motor tersebut yang muncul secara benar-benar baru. Beberapa di antaranya hadir hanya sebagai penyegaran belaka dengan desain striping dan warna baru.

Viar Star NX

 

Seperti Honda Revo yang mendapatkan penyegaran pada bulan Februari kemarin. Kemudian pada Agustus 2020, Yamaha meluncurkan warna dan stripping baru pada Jupiter Z1. Sedangkan Suzuki tidak menghadirkan penyegaran apapun pada model Smash FI miliknya.

   Baca Juga: Dukung Pariwisata Lokal, Berikut 5 Tips Touring ala Royal Enfield

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, motor bebek memang kurang dicari oleh konsumen tanah air. Hal ini terlihat dari banyaknya penjualan segmen motor matic dan sport. Pada tahun 2020, motor matic terjual hingga 2,5 juta unit, sementara sport sebesar 176 ribu unit, dan bebek hanya terjual sebanyak 172 ribu unit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.