Alasan Honda Kenapa Mesin All New CBR150R Masih 17,1 PS

Alasan Honda Kenapa Mesin All New CBR150R Masih 17,1 PS

All New Honda CBR150R secara resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Selasa (12/1) kemarin. Motor sport 150 cc itu mendapatkan banyak ubahan, baik dari sektor desain, fitur, hingga mesinnya. Meskipun mesinnya berubah, tenaga yang dihasilkan masih sama seperti model lamanya yakni 17,1 PS.

Tentunya hal ini menjadi pertanyaan besar, mengapa AHM tidak meningkatkan tenaga motor sport 150 cc mereka. Padahal di kelas yang sama, kompetitor mampu menghasilkan motor dengan tenaga yang lebih besar. Berbeda dengan kelas 250 cc yang mana Honda terlihat benar-benar serius meluncurkan motor sport bertenaga tinggi.

   Baca Juga: All New Honda CBR150R Resmi Meluncur, Harganya Rp 35 Jutaan!

Pertanyaan tersebut pun dijawab oleh Thomas Wijaya selaku Direktur Pemasaran AHM. Menurutnya, pengembangan produk antara CBR250RR dan CBR150R berbeda. "Kan kalau CBR250RR totally berbeda ya, dulu teknologinya sangat baru, secara global juga produk baru, engine, frame dan desainnya. Tentu kondisinya berbeda dengan CBR150R ini," ujar Thomas.

Knalpot baru All New Honda CBR150R

Thomas sendiri mengatakan dari survei yang dilakukan oleh pihaknya, konsumen CBR150R saat ini merasa cukup nyaman dengan performa. Meski demikian, pihaknya tetap melakukan perubahan di segi mesin. Dirinya mengklaim, meskipun tenaga yang dihasilkan sama, tetapi respon motor berbeda.

   Baca Juga: Komparasi Harga Honda All New CBR150R Terbaru dan Lama, Selisih Rp 600 Ribuan

"Memang ada beberapa sedikit perubahan, itu ada sedikit peningkatan atau lebih responsif di putaran bawah ke tengah. Jadi secara total engine tidak ada perubahan signifikan, tetapi secara responsif lebih nendang lah. Memang ini yang dibutuhkan konsumen, untuk stop and go, jadi bukan untuk nafas panjang, tapi untuk diperkotaan," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, All New Honda CBR150R masih mengusung mesin 1-silinder 149,16 cc, DOHC, 4-katup, berpendingin cairan. Dengan keseluruhan tersebut, tenaga maksimalnya mencapai 17,1 PS di 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm di 7.000 rpm. Honda hanya memberikan perbedaan pada fitur assist slipper clutch di mesinnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id