PT Swap Energi Indonesia Siap Tambah Jumlah Titik Pengisian Baterai

PT Swap Energi Indonesia Siap Tambah Jumlah Titik Pengisian Baterai

 

Motor atau skuter listrik membutuhkan daya listrik untuk mengisi baterai yang menjadi sumber daya guna memutar motor penggeraknya. Ada yang mengisi menggunakan charging station serta ada juga pengisian yang dilakukan di rumah.

Untuk pengisian baterai di rumah, umumnya kapasitas listrik membutuhkan daya minimal 1.300 watt. Tetapi, ada juga sistem yang cukup ringkas dan mudah dilakukan, yaitu menukar baterai kosong dengan yang terisi penuh. Itulah yang disebut dengan battery swap.

Di Tanah Air, PT Swap Energi Indonesia menyediakan fasilitas tersebut. Mereka bekerja sama dengan produk motor listrik yang menggunakannya. Salah satunya adalah Minerva dengan Minerva Electron yang baru saja diperkenalkan di GIIAS 2022 pada Jumat (12/8) lalu.

Minerva Electron

“Kami akan terus menambah jumlah titik penukaran baterai ini di Tanah Air,” jelas Irwan Tjahaja, Founder PT SWAP Energi Indonesia. Menurutnya, ditargetkan mencapai 5.000 titik penukaran baterai di tahun ini.

Irwan mengatakan sejauh ini titik-titik pengisian baterai tersebut bisa digunakan oleh produk motor listrik lain yang bekerja sama dengan perusahaannya. “Tidak menutup kemungkinan bisa bekerja sama dengan lebih banyak merek lagi, semuanya tergantung dengan bentuk dan dimensi yang disepakati,” jelasnya.

Sejak 2019, perusahaan motor Jepang seperti Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki sudah menyepakati dimensi dan bentuk baterai yang digunakan pada motor listrik mereka. Hal senada juga dilontarkan oleh Purbaja Pantja selaku Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group yang memasarkan motor listrik Alva. Menurutnya, jika nanti menggunakan battery swap, Alva akan mengikuti regulasi dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pemerintah.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id