Berkenalan dengan Teknologi YECVT Yamaha NMax Turbo 2024, Apa Itu?

Berkenalan dengan Teknologi YECVT Yamaha NMax Turbo 2024, Apa Itu? Teknologi YECVT dan Y-Shift Yamaha NMax Turbo 2024.
Sabtu, 15 Juni 2024 18:30
Thio Pahlevi

OTORIDER - Ragam fitur dan teknologi canggih tersemat pada Yamaha NMax generasi terbaru. Skutik Maxi Yamaha yang kini dikenal sebagai NMax Turbo itu dilengkapi berbagai teknologi canggih, antara lain adalah Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). Teknologi itu diklaim memberikan pengalaman berkendara menyenangkan dengan sensasi "TURBO".

Teknologi YECVT sendiri hadir menggantikan sistem CVT konvensional, yang mana kini tak lagi menggunakan roller. Kinerja CVT pun bekerja secara elektrik melalui dukungan Transmission Control Unit (TCU).

"Naik turun komponen CVT diatur tidak lagi menggunakan roller, tetapi sudah secara elektrik oleh YECVT motor sesuai perintah dari TCU yang diatur oleh bukaan gas," kata Ferry Nurul Fajar, Technical Publication & Education YIMM pada sesi peluncuran Yamaha NMax Turbo pada Rabu (12/6).

Teknologi
Teknologi YECVT dan Y-Shift Yamaha NMax Turbo 2024.

Berkat kehadiran teknologi YECVT, Yamaha NMax Turbo juga mempunyai fitur Y-Shift yang bisa dioperasikan melalui tombol di kiri setang. Y-Shift sendiri mampu memberikan sensasi berkendara berbeda, karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya 'TURBO' dengan tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).

Sehingga, cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Selain mendukung akselerasi, Y-Shift juga dapat dipakai guna melakukan deselerasi ketika menghadapi jalanan yang menurun dan masuk ke tikungan (cornering).

"Saat Y-Shift diaktifkan, rpm akan naik, sehingga menghasilkan torsi tambahan, ini membuat akselerasi bisa lebih enteng. Fitur ini bisa digunakan saat menyalip, menanjak, atau bahkan saat turunan. Y-Shift bisa dipakai ketika putaran mesin minimal berada di 3.000 rpm," jelas Ferry.

Apabila Y-Shift aktif, maka YECVT bakal mengatur rasio transmisi v-belt antara pulley primer dan sekunder sesuai tingkatan Shift yang dipilih. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.