Jelang Purnatugas, Jokowi Bawa Pulang Dua Motor Kustomnya

Jumat, 18 Oktober 2024 13:55
Gemilang Isromi Nuar

Kedua motor ini bukan hanya sekadar kendaraan, tetapi juga simbol dukungan Jokowi terhadap industri otomotif lokal dan seni modifikasi.

Jelang Purnatugas, Jokowi Bawa Pulang Dua Motor Kustomnya Jokowi mengendarai motor custom miliknya. (Foto: Sekeretaris Kabinet)

OTORIDER - Menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengemasi barang pribadinya yang berada di Jakarta untuk dibawa ke Solo, Jawa Tengah. Dalam akun Instagram @wahyu_kandacong terlihat dua motor kustom Jokowi yang telah menjadi bagian dari koleksinya turut diangkut menggunakan towing. Motor-motor tersebut tidak hanya mencerminkan kecintaannya terhadap otomotif, tetapi juga hasil modifikasi dari karya lokal.

Motor
Motor Jokowi dibawa pulang ke Solo. (Foto: Instagram/@wahyu_kandacong)

Dua motor kustom yang telah menemani Presiden ke-7 itu adalah Royal Enfield Bullet 350 dan Kawasaki W175. Dua motor tersebut masing-masing memiliki karakter unik, Royal Enfield Bullet dimodifikasi menjadi chopper dan Kawasaki W175 berkonsep Chopper Bobber.

Royal Enfield Bullet 350

Motor bergaya chopper ini adalah kustom pertama yang dimiliki Jokowi. Digarap oleh Elders Garage dan Kickass Choppers, motor ini menjadi perhatian sejak Jokowi melihatnya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di Istana Presiden Bogor pada Oktober 2017. Elders Garage sendiri mengungkapkan Jokowi jatuh cinta pada motor berwarna emas tersebut dan setelah acara, perwakilan dari Sekretariat Presiden menghubungi mereka untuk membahas pembelian.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2018, terungkap motor Chopperland dibeli seharga Rp 140 juta. Proses modifikasinya dilakukan secara menyeluruh, dengan 75 persen dari komponen motor ini dibuat secara handmade. Modifikatornya menyebutkan bahwa semua bagian motor, kecuali ban, mesin, dan shockbreaker depan dikerjakan sendiri.

Motor ini menggunakan mesin Royal Enfield Bullet 350 cc satu silinder yang dihubungkan dengan transmisi lima percepatan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 19,8 daya kuda pada 5.250 rpm serta torsi maksimal 28 Nm pada 4.000 rpm.

Kawasaki W175

Selain Royal Enfield, Jokowi juga memiliki Kawasaki W175 yang bergaya chopper bobber hasil garapan Katros Garage. Motor ini menjadi bukti kecintaannya terhadap kendaraan kustom, serta menunjukkan dukungan Jokowi terhadap industri otomotif lokal. 

Motor Chopper ini menggunakan ban aspal dan sasis rigid tanpa peredam kejut belakang. Perubahan juga dilakukan di cover body dan kelengkapan legalitas berkendara seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein. Proses rancang bangun memakan waktu selama dua bulan.

Motor ini pernah dipakai Jokowi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Nunukan untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan. Meskipun jalan tidak rata, Jokowi tetap terlihat santai mengendarainya melewati jalur off-road. Namun sayangnya, harga motor ini tidak diberi tahu oleh pihak Istana.

Dari segi mesin, tidak ada ubahan apapun di Kawasaki W175 milik Jokowi ini. Mesinnya masih sama yakni 177cc satu silinder karburator, dengan muntahan power maksimum 9,6 kW di 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.
WhatsApp Channel
Telegram Channel
Google News
Bagikan  

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.