Komunitas M8 Nusantara Berhasil Tuntaskan Perjalanan Keliling Indonesia

Komunitas M8 Nusantara Berhasil Tuntaskan Perjalanan Keliling Indonesia

 

Perjalanan keliling Indonesia yang dilakukan oleh tiga rider dari komunitas M8 Nusantara, yaitu Vincent Soetedja, Efi Juwita, dan Harun Hefli telah mencapai titik final pada 12 Maret 2022 lalu. Perjalanan yang dimulai dari Bekasi pada 14 Agustus 2021 dengan motor itu mengusung misi merekam budaya, sejarah, adat-istiadat, bahasa daerah, dan keberagaman suku di berbagai penjuru Indonesia.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi NIU Gova 05: Top Speed 85 Km/Jam, Jarak 72 Kilometer

Perjalanan M8 Nusantara ini terbagi menjadi 5 etape. Etape 1 melintasi Jawa, Bali, NTB, dan NTT. Sedangkan, etape 2 menjelajahi Sulawesi serta etape 3 Papua, Maluku, dan Maluku Utara. Pada etape 4 menyusuri Kalimantan dan etape 5 Sumatera. “Selama perjalanan, kami tidak menemui kendala yang berarti, baik dari sisi keamanan, cuaca, logistik maupun kendala teknis untuk sepeda motor. Persiapan yang detail dan fleksibilitas dalam menyikapi dinamika lapangan adalah kuncinya,” kata Vincent.

Komunitas M8 Nusantara Berhasil Tuntaskan Perjalanan Keliling Indonesia

Motor yang digunakan masih tetap sama dari awal sampai selesai. Vincent Soetedja dengan Triumph Tiger 900 Rally, Efi Juwita mengendarai Ducati Scrambler 800, dan Harun Hefli bersama Yamaha MT25. Efi Juwita mengatakan perjalanan ini membuka mata bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di bumi ini dengan bentang alam sedemikian luas dan indah, belasan ribu pulau, jumlah suku serta bahasa daerah yang sangat banyak, dan adat budaya yang sangat kaya, menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika.

“Seperti di Gorontalo, kami belajar filosofi yang mengedepankan kemandirian dalam membangun daerah dari Sultan Bubohu Bongo (alm), yaitu Yosep Tahir Ma’ruf. Dikatakan beliau, ‘Sebelum kamu membangun untuk bangsamu, bangunlah lingkungan di sekitarmu terlebih dahulu’ menjadi kata yang sangat bermakna bagi kita semua,” ujar Efi Juwita.

Komunitas M8 Nusantara Berhasil Tuntaskan Perjalanan Keliling Indonesia

Perjalanan ini menempuh jarak lebih dari 16.000 km darat dengan menggunakan motor dan dapat diselesaikan tanpa hambatan yang berarti. Lima pulau besar dan kepulauan besar telah disambangi serta banyak sekali diskusi tentang wawasan kebangsaan dan budaya dengan masyarakat di berbagai tempat.

   Baca Juga: Harga Terbaru Honda Vario 125 dan 160 per April 2022, Ada Kenaikan!

Dari apa yang ditemui selama perjalanan, M8 Nusantara telah membuktikan bahwa Indonesia aman untuk dijelajahi dengan motor. Rekam jejak perjalanan M8 Nusantara keliling Indonesia dengan 3 motor dapat dilihat di kanal YouTube dan Instagram M8 Nusantara.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id