Desain Tetap Klasik, Honda CB100 Dikonversi Jadi Motor Listrik

Desain Tetap Klasik, Honda CB100 Dikonversi Jadi Motor Listrik
Sabtu, 6 Agustus 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Saat ini banyak para modifikator yang berlomba-lomba melakukan konversi motor bensin menjadi motor listrik. Salah seorang desainer Inggris bernama Adam Waldron yang tinggal di London menjadi salah satunya. Ia memodifikasi Honda CB100 keluaran 1980-an.

Melansir dari Rideapart, sebenarnya tidak banyak ubahan yang dilakukan Adam. Dirinya hanya menurunkan mesin utama dan mengganti dengan motor hub sebagai pengerak roda belakang. Kemudian, baterainya ditempatkan di posisi mesin lama. Jadi, kalau dilihat secara tampilan, masih sangat terlihat layaknya CB100 orisinal. Sebab, ia hanya mengubah sumber tenaganya saja.

   Baca Juga: Husqvarna Norden 901, Motor Adventure dengan Banyak Fitur

Honda CB 100 Dikonversi Jadi Motor Listrik , Tampangnya Dibikin Tetap Orisinal

Adam merancang dan membuat kotak baterainya sendiri. Setelah itu, ia meminta bantuan untuk proses pengerjaan pada modifikator. Hasilnya, sebuah kotak hitam kini tersemat di bagian tengah menggantikan mesin motor. Namun, karena ukurannya yang terlalu ringkas, bagian tengah motor jadi terlihat lebih kosong.

Motor hasil modifikasi Adam Waldron ini diklaim sanggup berjalan sejauh 55 mil atau setara 88 kilometer saat baterai terisi penuh. Kecepatan tertinggi CB100 elektrik ini bisa mencapai 35 mil/jam atau sekitar 56 km/jam.

Honda CB 100 Dikonversi Jadi Motor Listrik , Tampangnya Dibikin Tetap Orisinal

Bicara soal penegereman, Adam juga menyebutkan bahwa rem belakang motor diubah dari tromol menjadi cakram hidrolik. Sedangkan, rem depan masih menggunakan cakram bawaan motor. Begitu juga dengan sistem gas, masih pada posisi seperti motor standar.

   Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Honda PCX 160 dan PCX e:HEV per Agustus 2022

Selain motor listrik, baterai, dan rem belakang, sebagian besar motor ini masih mempertahankan orisinalnya. Bisa dilihat, jok bawaan masih terpasang dengan model tandem yang menyatu dengan pembonceng.

Tangki depan dengan livery khas Honda, shockbreaker depan serta belakang, lampu, dan sebagian besar rangka utama tetap sama. Untuk membangun motor CB100 menjadi listrik, kabarnya Adam Waldron tidak sampai menghabiskan 2.000 poundsterling atau sekitar Rp 36 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.