Permasalahan Ekosistem Motor Listrik Ada di Standarisasi Baterai

Permasalahan Ekosistem Motor Listrik Ada di Standarisasi Baterai Ilustrasi baterai motor listrik.
Minggu, 3 Desember 2023 11:15
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Dalam ekosistem motor listrik, standarisasi baterai menjadi salah satu cara untuk memudahkan masyarakat. Namun saat ini, meski APM motor listrik menjamur, tetapi infrastruktur yang digunakan untuk swap baterai masih beragam.

Juru Bicara Kementrian Perindustrian (Kemenperin), Febri Hendri Antoni Arif mengatakan pihaknya telah mendapatkan komitmen sejumlah perusahaan produsen motor listrik dan baterai motor listrik yang siap melakukan standarisasi baterai.

"Kami mendorong agar ada standarisasi baterai motor listrik. Dengan ada standarisasi baterai listrik, misalnya standar dimensi bendanya itu, kita berharap ada banyak investor yang mau investasi di baterai listrik. Kemudian dari sisi konsumennya, konsumennya lebih mudah untuk melakukan swap atau shifting," kata Febri dikutip dari Antara, Kamis (30/11).

Nantinya jika semua sudah seragam, pengguna motor listrik akan mendapatkan kemudahan karena komponen baterai lebih mudah didapatkan di pasaran. "Misalnya beli motor listrik A, dan kemudian ketika misalnya baterainya sudah aus, nah mereka bisa pakai baterai dari motor listrik yang lain karena sudah terstandarisasi," papar Febri.

Standarisasi baterai juga diharapkan mendorong pelaku industri baterai di dalam negeri ikut berkembang. Alhasil, dengan adanya standarisasi ini akan menguntungkan pengguna motor listrik maupun konversi.

Lebih lanjut, PT PLN (Persero) mendukung upaya pemerintah dalam standarisasi infrastruktur pendukung kendaraan listrik yang tergabung dalam sistem Battery Asset Management Services (BAMS). "Ini kesepakatan bersama sehingga bisa menjadi mempermudah masyarakat untuk tak perlu ragu memiliki motor listrik. Masyarakat lebih mudah mengadaptasi era baru kendaraan listrik ini. PLN mendukung adanya platform bersama ini sehingga bisa melancarkan ekosistem kendaraan listrik," ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.