Berkenalan dengan Motor Listrik yang Sudah Dipakai Keliling Dunia

Berkenalan dengan Motor Listrik yang Sudah Dipakai Keliling Dunia Motor listrik Zero DSR/X.
Sabtu, 1 Juni 2024 09:30
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pembuktian bahwa motor listrik bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, telah dibuktikan Roman Nedielka, pria asal Slovakia. Ia melakukan perjalanan solo keliling dunia menggunakan sepeda motor listrik.

Dari Indonesia, Nedielka melakukan perjalanan menuju ke Malaysia, Thailand, Laos, China, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, Turkiye, Bulgaria, Serbia, Hongaria, Slovakia, Ceko, Jerman, Perancis, Amerika Serikat, Australia, Timor Leste, dan kembali ke Indonesia.

"Kelebihan motor listrik adalah ia tidak menimbulkan getaran, dan Anda tidak perlu berganti gigi menggunakan kaki," kata Nedielka dikutip dari Antara, Kamis (30/5).

Untuk perawatannya, ia hanya melakukan penggantian ban dan rem setelah menempuh 25.000 km. Sementara, pengisian baterainya mendapat bantuan dari warga sekitar.

"Saya cukup meminta izin kepada orang-orang di sana agar dapat menggunakan stop kontak di rumah atau tokonya untuk mengisi daya sepeda motor saya," papar Nedielka.

Menemani perjalanannya, Roman mengandalkan pabrikan motor listrik asal Amerika Serikat, Zero Motorcycles yaitu Zero DSR/X yang dibanderol 27.200 Euro, setara dengan Rp 408 juta. Motor ini menggunakan baterai jenis ion lithium berkapasitas 17,3 kWh, serta daya jelajah sejauh 290 kilometer dalam sekali pengisian penuh.

Memang pantas motor ini dibuat untuk melakukan perjalanan jauh, karena sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat. Proses pengisiannya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga terisi penuh.

Motor ini didukung dinamo Z-Force 75-10 yang memiliki keluaran tenaga 100 dk dengan torsi 225 Nm, tersambung ke roda belakang melalui belt Moto X9. Untuk fitur, tersedia Vehicle Hold Control (VHC), Bosch Motorcycle Stability Control (MSC), dan Off-Road mode. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.