Motor Listrik Polytron Bisa Lewati Banjir Satu Meter, Ini Alasannya

Motor Listrik Polytron Bisa Lewati Banjir Satu Meter, Ini Alasannya Uji ketahanan air motor listrik Polytron.
Selasa, 30 April 2024 11:05
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Kondisi baterai sangat berperan penting pada saat menjalankan motor atau mobil listrik. Polytron sebagai produsen motor listrik pun sangat menjaga ketahanan baterai, salah satunya untuk menghadapi air.

CEO Polytron, Hariono mengatakan baterai motor listrik Polytron Fox-R dan Fox-S sudah lolos sertifikasi IP 67 yang artinya tahan air. Kualitas tersebut juga yang digaransi oleh Polytron. "Baterai sudah diuji oleh Sucofindo, makanya air otomatis tidak akan masuk. Kalau masuk pasti kita garansi," kata Hariono di Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (24/4).

Pernyataan Hariono sendiri dibuktikan saat Otorider diajak langsung ke pabrik Polytron di Krapyak, Kudus yang menjadi pusat R&D. Terdapat motor serta baterai yang dilepas dari tempatnya dan sengaja direndam pada kedalaman 30 cm. Pada kondisi tersebut, motor masih bisa dinyalakan dan beroperasi.

Polytron
Pengujian motor listrik Polytron lewati genangan 30 cm. (Foto: Gilang/Otorider)

Otorider juga sempat mencelupkan tangan ke dalam air yang terdapat baterai, dan terbukti tidak ada arus listrik yang menyambar. Pada proses pembuatan baterai Polytron, terlebih dulu diuji soal kekedapan. Dipastikan semua komponen yang digunakan di motor sudah lolos uji.

Polytron juga membuktikan motor ini masih bisa melaju di kondisi banjir dengan ketinggian satu meter. Meskipun baterai tahan terhadap air, bukan berarti motor ini dikhususkan melintasi jalan banjir atau genangan.

"Seperti yang dilihat pada video, motor bisa melaju di banjir satu meter dan direndam di kedalaman 30cm serta didiamkan 30 menit, itu masih bisa bekerja. Tapi bukan berarti khusus digunakan dalam keadaan itu. Efek lainnya pasti akan ada, ke mana-mana," papar Head of Product Polytron EV, Ilman Fachrian Fadly. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.