Kelonggaran Regulasi MotoGP Habis Buat Ducati

Kelonggaran Regulasi MotoGP Habis Buat Ducati
Selasa, 30 Juni 2015 17:05
Hieronimus Girindra

Terhitung mulai 2016, Ducati akan kehilangan kelonggaran pada regulasi teknis dan akan balapan dengan regulasi yang sama dengan tim pabrikan Honda dan Yamaha. Hal ini seiring dikeluarkannya keputusan regulasi teknis dari komisi GP yang dihadiri oleh Carmelo  Ezpeleta  (Dorna,  Chairman), Ignacio  Verneda  (FIM  CEO),  Herve  Poncharal  (IRTA)  and  Takanao  Tsubouchi  (MSMA), Javier Alonso  (Dorna)  dan Mike Trimby  (IRTA,  Secretary  of the  meeting).

Keputusan komisi GP berisi , “Pada 2015, semua pabrikan yang mempunya keuntungan dari kelonggaran regulasi  dan bisa meraih enam poin kelonggaran baik pada kondisi kering dan basah akan kehilangan kelonggaran tersebut pada musim berikutnya. Catatan: Karena Ducati telah meraih lebih dari enam poin kelonggaran pada 2015, mereka akan kehilangan kelonggaran itu pada 2016.”

Kelonggaran regulasi MotoGP memang diberlakukan untuk memungkinkan pabrikan yang kurang kompetitif untuk bisa mendekat pada Honda dan Yamaha. Ducati salah satunya, dengan zonder kemenangan sejak 2010, Ducati tampak terseok-seok mengejar Honda dan Yamaha. Pun demikian, regulasi ini diberlakukan buat Suzuki dan Aprilia. Pun buat KTM yang disinyalir juga akan ikutan.

Regulasi asli menyebutkan kalau tim ini belum pernah menang di kondisi kering, maka pada 2016 masih akan dapat kelonggaran. Namun kemudian diberlakukan sistem poin kelonggaran, yaitu 3 poin untuk podium 1, 2 poin buat podium 2 dan 1 poin untuk podium 3. Nah, berdasarkan hitungan poin kelonggaran ini, Ducati sudah mengumpulkan enam poin dari enam kali podium yang berhasil diraihnya.

Dengan demikian, Ducati akan kehilangan keuntungan tahun depan. Seperti bahan bakar lebih banyak, dapat stok mesin lebih banyak, ban belakang soft, tidak ada pembekuan untuk pengembangan mesin dan sesi tes ekstra. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.