Lorenzo : Motor Sudah Lurus Tapi Masih Spin

Lorenzo : Motor Sudah Lurus Tapi Masih Spin
Senin, 25 April 2016 12:25
Hieronimus Girindra

Sepertinya hanya Valentino Rossi yang tidak komplain soal ban di seri Jerez kemarin. Lorenzo, misalnya. Juara bertahan MotoGP 2015 ini mengaku mengalami banyak sekali spin roda belakang. Bahkan JL99 menyebut problem roda spin ini membuatnya kehilangan kesempatan untuk juara di seri keempat ini. 

Sebenarnya Lorenzo masih bisa bertarung dengan Rossi di awal lomba. Masuk lap kedua, si 99 berhasil menyalip Rossi di tikungan ketiga, namun pimpinan lomba langsung diambil kembali oleh VR46 di tikungan berikutnya. Jorge bisa mengurangi jarak sekitar sepertiga akhir balap, tapi masalah spin roda belakang mendera. 

"Rossi lebih kencang pada paruh awal lomba dan aku sedikit demi sedikit kehilangan jarak karena ban belakang mulai spin," ujar Lorenzo. 

"Aku mulai spin di trek lurus, nggak banyak sih, lalu bisa mendekat beberapa meter ke Rossi. Tapi mendadak bagian belakang mulai spin pada bagian tengah dua trek lurus. Ini tak pernah terjadi di MotoGP, jadi aku harus melambat dan hanya buka gas 80% di trek lurus pada setiap giginya," ulas X-Fuera.

Meski tidak juara, Lorenzo mengaku cukup puas dengan hasil ini. Terlebih Rossi sempat terjatuh di Austin, sehingga tertinggal 12 poin di belakangnya. Dengan finish kedua, artinya Marquez juga kian dekat. Saat ini Lorenzo hanya terpaut 4 poin dari pimpinan klasemen sementara itu.

Perang antarrider kini mengerucut pada kemampuan mereka menganalisa dan menjaga performa ban. Untuk itu, secara tegas Lorenzo menyebut perlunya perbaikan terutama ban belakang. Terlebih setelah melihat insiden yang menimpa Loris Baz dan Scott Redding, lalu sekarang dialaminya sendiri.

"Kuharap seri berikutnya kami tidak punya masalah di ban belakang lagi. Aku senang dengan bagian depan karena sudah lebih baik dan aman. Tapi setelah problem dengan Baz dan Redding, Michelin sebaiknya melihat pengalaman ini untuk mengembangkan ban belakang." (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.