Michelin Siapkan Ban Asimetrik Buat MotoGP Catalunya

Michelin Siapkan Ban Asimetrik Buat MotoGP Catalunya
Rabu, 1 Juni 2016 18:15
Hieronimus Girindra

Memasuki seri ketujuh MotoGP musim 2016 di sirkuit Catalunya, Michelin sebagai pemasok tunggal ban akan menyiapkan karet bundar asimetrik. Hal ini untuk mengantisipasi desain trek Catalunya yang berlokasi 20 kilometer dari Barcelona, Spanyol. Apalagi sirkuit yang juga dikenal dengan sebutan Montmelo ini merupakan home circuit bagi Dorna dan pembalap MotoGP asal Spanyol.

Sirkuit dengan panjang 4,727 kilometer ini punya lay out cukup menantang. Terutama dengan trek lurus sekitar satu kilometer, kontur trek yang naik turun dan banyak tikungan kencang. Terhitung delapan tikungan kanan dan kebanyakan high speed, dipadu lima tikungan ke kiri.

Desain asimetrik pun disiapkan Michelin buat menaklukkan balapan sepanjang 25 lap itu. Buat melahap tikungan kencang ke kanan, maka bahu ban sebelah kanan pun dibuat dengan kompon lebih keras. Ban Michelin Power Slicks juga harus bisa mengakomodir tingkat cengkeraman yang relatif rendah di Catalunya ini.

Buat balap akhir pekan nanti, ada pilihan ban slick soft (pita putih di sidewall), medium (tanpa pita), dan hard (kuning) buat depan. Sedangkan belakang tersedia pilihan yang sama, sehingga rider punya enam kombinasi ban berbeda yang bisa dipakai. Sementara itu, mengantisipasi kemungkinan hujan, tersedia juga Michelin Power Rain dan Power Inters.

"Montmelo adalah sirkuit indah dan merupakan salah satu lokasi pertarungan hebat di masa lalu. Dengan tikungan kencang dengan beberapa paduan tikungan, trek lurus yang panjang dan zona pengereman kuat, ini adalah trek yang akan mengetes seluruh kemampuan ban. Cengkeraman juga harus dikompromi dengan naiknya temperatur, jadi hal-hal itu yang harus kami perhitungkan," ujar Piero Taramasso, Manager of the Two Wheel Motorsport Group Michelin.

"Kami punya hasil baik di Mugello, ban bekerja dengan bagus. Mengingat hal itu dan kondisi yang akan dihadapi di Barcelona, alokasi ban kami akan mirip dengan yang dipakai di Italia." (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.