Ada Kejutan di Gelaran Yamaha Sunday Race, 211 Starter Ikut Berlaga

Ada Kejutan di Gelaran Yamaha Sunday Race, 211 Starter Ikut Berlaga
Senin, 7 Mei 2018 19:50
Yulian Lahardi

Tercatat 211 starter dalam seri ke-2 hajatan balap motor sport paling bergengsi Yamaha Sunday Race 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor (5-6 Juni).  Total tersaji 10 kelas yang notabene didominasi kategori komunitas. Bagaimanapun juga, gelaran Yamaha Sunday Race adalah wujud apresiasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk teman-teman komunitas di berbagai daerah.

Adapun kejutan terjadi di kelas baru R25 Comm B beginner yang memang diperuntukkan untuk pembalap pemula yang baru ataupun kurang berpengalaman. Dalam hal ini, ikut serta 25 starter yang berasal dari wilayah DKI Jakarta, Jabar dan Banten. Mereka membawa nama tim YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), kemudian Cornering Indonesia, Yamaha R25 Rider Club Indonesia (YARRCI) dan YRFI. 

Yamaha Sunday Race

“Yamaha selalu melakukan improve untuk mengakomodir keinginan teman-teman komunitas Seperti juga kelas R25 Comm B Beginner yang dikhususkan untuk pembalap-pembalap baru yang ingin balapan di Sentul. Jadi kami selalu meningkatkan penyajian balapan Yamaha Sunday Race dari waktu ke waktu,“ terang Kadek Suma, Divisi Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM).

Kejutan terjadi ketika catatan yang memperlihatkan waktu tempuh luar biasa pada Habil Yusuf Ibrahim dari tim Yamaha R25 Owners Indonesia yang merebut pole-position dengan waktu tercepat 1 menit 58,751 detik dengan kecepatan rata-rata 119,7 km/jam.

Padahal saat putaran awal (1), Habil Yusuf Ibrahim hanya mampu mengukir waktu 2 menit 03,029 detik dan berada di deretan ke-3. Untuk waktu tercepat saat seri pertama dipegang Rafli Yazid Erfandi yang menorehkan waktu 2 menit 02,355 detik. Artinya, catatan waktu semakin tajam sekitar 3,6 detik. Perubahan yang sangat drastis atau luar biasa.

Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memang tidak sekadar menyajikan sarana balapan di Sirkuit Sentul. Ada langkah edukasi yang diberikan dengan fasilitas Riding Analyzer. Komunitas dapat mengetahui dan memahami dimana letak kekurangannya dalam konteks racing line, titik pengereman dan cornering. Data ini yang kemudian dipelajari dan diterapkan dalam setiap tahap balapan untuk bisa meraih catatan waktu yang lebih optimal.

Pada bagian lain, Richard Taroreh yang menunggangi pacuan Yamaha YZF-R25 mencatat rekor terbaru di kategori Sport 250 cc Profesional Rider. Racer asal Sulawesi Utara yang mengusung tim Yamaha Yamalube FDR NHK SSS 549 Kaboci ini mengukir waktu 1 menit 42,821 detik dalam sesi kualifikasi. Itu berbeda 1,042 detik dari rekan setimnya, Syahrul Amin yang ada di deretan ke-2.

Saat putaran awal (7 April), Syahrul Amin yang tercepat dengan menorehkan best-time 1 menit 44,447 detik. Alhasil, ada penajaman yang cukup fantastis hingga 1,6 detik. Tentu saja, ukiran waktu ini menjadi bukti bahwa konsistensi riset yang dilakukan oleh tim memberikan hasil yang signifikan. 

Sukses ya!

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.