Mengenang Fausto Gresini, Sosok Pembalap Juara dan Manajer Bijaksana Di MotoGP

Mengenang Fausto Gresini, Sosok Pembalap Juara dan Manajer Bijaksana Di MotoGP

Kabar duka datang dari ajang balap motor dunia, MotoGP. Fausto Gresini selaku Bos Gresini Racing meninggal dunia. Fausto sendiri dikenal dengan beragam kiprahnya di dunia balap, baik sebagai pembalap maupun manajer tim.

Ucapan bela sungkawa salah satunya diberikan oleh Carmelo Ezpeleta yang merupakan CEO Dorna Sports. Ia menyebut Fausto merupakan teman yang sangat baik dan sangat sedih harus kehilangan dirinya.

   Baca Juga: GALERI: Duet Motor RC213V Alex Marquez dan Nakagami Di LCR Honda

"Saya sangat sedih dengan kehilangan Fausto. Dia adalah teman yang sangat baik dan saya sangat menyukainya. Saya telah mengikuti berita tentang kondisinya dengan cermat dan saya cukup beruntung dapat berbicara dengannya bahkan saat dia di rumah sakit. Saya ingin menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarganya, teman-teman, dan anggota timnya," kata Ezpeleta dalam keterangan resminya di laman MotoGP.

Fausto Gresini

Fausto Gresini mengawali karir kompetisinya di Kejuaraan Dunia 125 pada 1983 dan meraih kemenangan debutnya pada musim berikutnya. Setelahnya, ia mampu merebut mahkota untuk pertama kalinya saat memenangkan Kejuaraan Dunia 125 cc musim 1985. Usai menjadi runner up pada 1986, ia kembali juara setahun setelahnya.

Sepanjang karirnya di lintasan balap, Gresini berkompetisi hingga 1994 dan berhasil mengumpulkan 21 kemenangan. Ia pun menjadi salah satu pembalap tersukses kelas 125 cc di masanya.

Fausto Gresini

Perjalanannya pun berlanjut sebagai Manajer Tim pada 1997. Beberapa tahun berselang, tepatnya pada 2001, gelar juara dunia kelas 250 cc mampu diraih bersama pembalap asal Jepang, Daijiro Kato. Gelar juara selanjutnya didapatkan pada 2010 bersama Toni Elias di Moto2 dan Jorge Martin di Moto3 pada 2018 lalu.

   Baca Juga: Bedah Spesifikasi Mesin Honda CBR Tricolor: 150R, 250RR, 600RR, dan 1000RR-R

Selain itu, kemenangan juga dibawa pulang saat mengikuti ajang FIM Enel MotoE World Cup bersama pembalap Matteo Ferrari pada 2019. Saat ini, sejumlah tim balap juga menyandang namanya, dari kelas Moto3 hingga MotoGP.

"Yang paling saya rindukan adalah 'pembicaraan di paddock' yang panjang dengannya, di mana dia selalu menunjukkan pendapat yang sangat bijak, tetapi juga menjadi salah satu manajer tim dengan informasi terbaik, dengan energi dan motivasi yang luar biasa . Saya ingin menyampaikan belasungkawa saya yang terdalam kepada keluarganya, kepada tim, dan teman-temannya, atas nama FIM dan atas nama pribadi saya," ujar Jorge Viegas, Presiden FIM.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id