MotoGP Indonesia Terancam Masalah Hosting Fee, Bisa Gagal?

Minggu, 1 September 2024 19:00
Gemilang Isromi Nuar

Hosting fee atau komitmen fee adalah biaya yang harus dibayar promotor untuk menggelar MotoGP kepada pihak Dorna Sports, pemegang hak komersial ekskusif MotoGP.

MotoGP Indonesia Terancam Masalah Hosting Fee, Bisa Gagal? MotoGP Mandalika.

OTORIDER - Sebulan jelang MotoGP Indonesia, biaya hosting fee masih menjadi sorotan karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah belum mampu membayar akibat keterbatasan anggaran.

Hosting fee atau komitmen fee adalah biaya yang harus dibayar promotor untuk menggelar MotoGP kepada pihak Dorna Sports selaku pemegang hak komersial eksklusif MotoGP. Biaya hosting fee MotoGP 2024 sebesar 12.849.638 Euro atau Rp 231,29 miliar sudah termasuk PPh dan PPN.

Pada perhelatan sebelumnya, hosting fee MotoGP Mandalika dibantu oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. "Kalau melihat dari kondisi anggaran, kami belum siap untuk membayar hosting fee untuk ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika," kata Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya dikutip dari Antara.

Menanggapi hal itu, Chairman Indonesia GP 2024 & Director Commercial ITDC (InJourney Tourism Development Corporation), Troy Warokka terus melakukan komunikasi dan diskusi dengan stakeholder daerah untuk mencapai titik terang. "Mendagri telah memberikan instruksi terkait hosting fee kepada Pemprov, Pemda serta Pemerintah Kabupaten. Artinya pemerintah di sini sama-sama berkolaborasi. Karena kegiatan ini bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga NTB sebagai tuan rumah,” ucap Troy saat ditemui Otorider, Senin (26/8).

Pihaknya juga telah duduk bersama Kepala Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) untuk berkoordinasi dengan gubernur, bupati serta seluruh walikota demi menunjukkan upaya kolaboratif yang serius untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP di Indonesia. "Sama seperti perhelatan internasional di Sumatera Utara yakni Aquabike, di mana direspons oleh pemerintah Sumatera Utara. Itu juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah," ungkap Troy.

Terkait dengan masalah Dorna sendiri, ITDC juga telah berkomunikasi dengan Dorna Sports mengenai kondisi terkini, termasuk soal hosting fee MotoGP Mandalika untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan acara. "Sejauh ini Dorna Sports sangat kooperatif dengan apa yang kita sampaikan. Dorna Sports telah memberikan banyak keleluasaan atau keringanan lewat pemberian tenggat waktu yang baik," papar Troy.

Dalam kasus ini, pada dua balapan ajang MotoGP Indonesia sebelumnya, ada peran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menanggung biaya hosting fee MotoGP Indonesia. Kemenparekraf bertanggung jawab penuh atas hosting fee. Sementara pada 2023, Kemenparekraf mengucurkan Rp78,8 miliar ke Pemprov NTB dalam bentuk sponsorship "Wonderful Indonesia". (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.