Motor MotoGP 2027 Tidak Lagi Gunakan Bahan Bakar Fosil

Motor MotoGP 2027 Tidak Lagi Gunakan Bahan Bakar Fosil MotoGP Jerez, Spanyol 2024.
Rabu, 8 Mei 2024 13:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - MotoGP membuat regulasi teknis baru untuk motor yang akan dipakai pada 2027. Regulasi ini diklaim bakal membuat olahraga lebih aman, berkelanjutan, dan bahkan spektakuler.

Motor terbaru kabarnya akan lebih relevan dengan motor jalan raya dan efisien untuk mendukung keberlanjutan global. Kapasitas mesin pun akan dipangkas dari 1000cc menjadi 850cc. Hal ini tentunya mengurangi top speed, membuat motor lebih baik, dan meningkatkan jarak tempuh.

Selain itu, demi mendukung Net Zero Carbon, MotoGP bakal menggunakan bahan bakar 100% berkelanjutan mulai 2027. Angka ini meningkat dari minimum 40% yang diterapkan olahraga tersebut sejak 2024.

"Tangki bahan bakar juga menyusut dari 22 menjadi 20 liter, dan pembalap diperkenankan untuk memakai 11 liter pada Sprint Race," tulis MotoGP dalam situs resminya, Rabu (8/5).

Dalam Regulasi Teknis Kelas MotoGP yang berlaku 2027 pada poin 2.4.5.1 tentang Bahan bakar dan oli, tertulis bahan bakar yang 100% bukan berasal dari penyulingan minyak dipastikan dipakai mulai 2027. Itu artinya motor MotoGP tidak lagi menggunakan bahan bakar dari fosil.

Selain itu, demi meminimalkan dampak aerodinamika, lebar bagian atas fairing depan akan dipangkas 50mm dan moncong motor didorong ke belakang 50mm. Sehingga, mengurangi efek aero di area yang penting, di lintasan lurus dan pengereman.

"Di bagian belakang, aero di belakang pembalap akan menjadi bagian yang dihomologasi mulai tahun 2027," tulis MotoGP. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.