Jangan Bore-up Dulu, Cukup Ganti Injektor dan ECU

Jangan Bore-up Dulu, Cukup Ganti Injektor dan ECU
Rabu, 4 November 2015 18:10
Jeffry Yanto S.

Pecinta upgrade performa biasanya akan cari cara untuk melakukan bore-up. Namun, buat harian langkah ini termasuk ekstrem. Lantas bagaimana agar matik injeksi mempunyai tenaga lebih besar tanpa bore-up mesin?

“Bore-up sih tergantung kapasitas awal mesin motor. Misalnya Mio J dari 110 cc ditingkatkan jadi 200 cc. Tidak masuk akal dilakukan, karena mengganti peranti mesin cukup banyak. Tapi kalau hanya dipakai harian dari 113,7 cc jadi 150 cc masih aman lah,” jelas Muktar Yusuf, Kepala Mekanik Ultraspeed Racing.

Asal ingat sekali lagi, bore-up termasuk ubahan ekstrem yang butuh banyak penggantian komponen. Padahal buat harian, tidak harus seekstrem itu, kan? Sebelum kadung memilih bore-up, ia punya kiat lebih simpel. “Bisa hanya mengganti injector dan ECU saja kok,” jelasnya. Menurut pria yang juga joki dragbike di Ultraspeed ini, injeksi dan pengapian bisa diatur ulang untuk mengail performa lebih.

Intinya, ketika bahan bakar masuk tambah banyak, pengapian juga lebih besar agar terbakar sempurna. Nah, hal itu bisa dicapai dengan penggantian injektor dan ECU. Lebih aman pula digunakan untuk harian, karena konstruksi mesin masih standar bawaan pabrik. Sementara, power bisa bertambah sekitar 20 persen atau kira-kira bisa dapat kenaikan  tenaga 1,5 dk sampai 2 dk.

Mencapainya, harus ada penyetelan khusus untuk mencari kondisi yang diinginkan. “Perlu penyetelan diatas dyno terlebih dahulu dengan merubah setingan Air Fuel Ratio (AFR) dari standar pabrik 14:5 menjadi 13:5 biar lebih basah,” tuturnya.

Menurut Muktar, suplai bensin lebih banyak bisa disediakan injektor SRP 135 cc dengan titik 6-port. "Injektor ini bisa dipakai untuk Mio J, Xeon RC, X-Ride, dan GT-125,” tambahnya.

Lumayan menggiurkan, ya. Lagian ongkos pasang injektor hanya Rp 50 ribu. Lebih sip lagi, bisa lanjut dengan penggantian ECU. Bisa pakai ECU racing RC Mini plus dengan 8 map untuk setelan percikan api yang dihasilkan. ECU aftermarket RC Mini bisa dipakai untuk Yamaha Mio J, X-Ride, Xeon RC, GT-125. Dengan ECU ini, pemetaan suplai bahan bakar plus pulsa pengapian bisa diatur ulang supaya lebih sempurna. Malah aplikasi ECU aftermarket ini bisa jadi dasar buat upgrade lebih lanjut, seperti ganti knalpot, porting polish atau ganti kem. Bertahap pasti lebih baik. (otorider.com)

 

Harga ECU dan Injektor

Injektor SRP 135 cc, 6-port : Rp 600 ribu

Ecu RC Mini + Switch : Rp 2,6 juta

Ecu RC Mini Plus + Remote : Rp 3,2 juta

 

Ultraspeed Racing

Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 1, Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Tlp. 021-53665127, 0817858080.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.