Modifikasi Honda Blade 125 2015, Pertama Pakai Injeksi!

Modifikasi Honda Blade 125 2015, Pertama Pakai Injeksi!
Senin, 14 Desember 2015 12:05
Danu P Dirgantoro

Honda Blade 125 yang satu ini boleh dibilang jadi salah satu yang paling berani di kelasnya. Menjadi tunggangan andalan Tri Agung Setya Pamungkas untuk bertempur di kelas MP3, jadi cukup berani karena tak ada lawannya yang pakai motor bersistem injeksi seperti Blade ini.

Pembalap yang bernaung di tim Honda Simple Concept Ole ini juga cukup puas atas motor yang sebenarnya baru jadi ini. Walaupun Agung belum bisa memperoleh hasil maksimal di event Honda Racing Championship seri terakhir kemarin, tapi dengan pakai motor injeksi setidaknya pembalap asal Samarinda ini lebih duluan akrab dengan sistem injeksi.

“Untuk di Honda Racing Championship yang pakai trek kemayoran motor ini cukup enak, walau selesai riset cukup mepet ke hari balapnya,” ungkap pembalap yang usianya jalan 19 tahun ini. Setingan motor udah hampir ketemu, dan udah agak nyaman di trek, sayang saya terlibat tabrakan dengan beberapa pembalap,” seru Agung menceritakan seri final HRC yang diwarnai trek basah akibat hujan.

Manfaatkan oil cooler untuk dapatkan suhu mesin optimal

Karena spesifikasi motor MP3 merupakan bebek standar pemula, maka ubahan kepala silinder dan piston pun tak begitu banyak ubahan. “Kita cuma fokus di mekanisme injeksinya aja,” buka Robby Yudha Kurniawan, Manajer tim yang bermarkas di Purwerejo ini. Tanpa menjelaskan spek ruang bakar dan komponen pendukungnya, ia mengakui masih ada beberapa catatan khusus di sektor pengabut bahan bakar injeksi tersebut.

“Ini kan kami baru banget riset. Throttle body aja kita custom model barel. Setingan motor injeksi seperti ini ngga susah sebenernya, cuma agak banyak aja setingannya,” ujar Robby yang menggunakan ECU berlabel ARacer pada Honda Blade ini.

“Motor ini aslinya kan sudah injeksi dengan ukuran Throttel body 24 mm, nah kita sekarang pakai yang ukuran 26,” sebut pria yang juga doyan balapan underbone ini. Dengan motor injeksi Robby juga merasa perawatan motor lebih murah daripada yang karburator. “Perawatan lebih mahal motr karbu. Seperti skep karbu itu kan cepet aus kalo selesai balap.”

“Tahun depan kita tetap bakal pakai motor injeksi. Motor yang masih pakai karbu rencananya tidak akan kita pakai lagi. Target kita di Motoprix dan HRC tahun depan adalah juara umum,” seru Robby. Sukses ya, brothers! (otorider.com)

 

Spesifikasi

Ban depan                  : FDR Sport MP76 90/80-17 MC

Ban belakang             : FDR Sport MP76 90/80-17 MC

Pelek depan-belakang : Takasago Excel Asia

Knalpot                      : DRC Victory

Foot step                    : HRP

ECU                           : ARacer

Throttle body               :  Custom 26 mm

Disc brake depan         : TDR

Sok belakang               : Ohlins

Selang rem                  : CLD

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.