Pasang Lampu LED Buat Motor, Plug and Play!

Pasang Lampu LED Buat Motor, Plug and Play!
Minggu, 13 September 2015 11:05
Jeffry Yanto S.

Lampu Light Emitting Diode (LED) sudah menjadi tren di motor terbaru.Selain lebih hemat energi,sinar lampu ini lebih putih dan terang. Beberapa motor anyar seperti Honda PCX150, Vario FI, Vario 150 eSP, dan All New Yamaha Soul GT, dan NMAX sudah aplikasi lampu LED.

Asyiknya, LED ini dengan mudah bisa diaplikasi ke motor lawas. Syaratnya,kelistrikan sudah DC (Direct Current) alias full wave.Memasang LED pun tinggal plug and play atau semudah mengganti bohlam lampu. Cukup mudah bukan?Yuk cek motor yang sudah memiliki arus DC, sebut saja Honda Verza, Tiger, All New CB150R, All New Honda Beat eSP, Blade 125FI, Kawasaki Ninja RR Mono, Ninja 250, Yamaha Jupiter Z1, Jupiter MX, Yamaha V-Ixion, Byson dan masih banyak lagi.

Nama dan jenis ukuran lampu LED bermacam-macam. “Khusus lampu utama atau headlamp dengan tipe H4, H6, H7 rata-rata 15 watt sampai 18 watt,  mereknya juga macam-macam dan sifatnya universal,” ujar Wiet pemilik gerai lampu Pak Wiet Custom di Palem Ganda Asri 2, Ciledug.

Harganya juga beragam, lampu utama merek M3C tipe H6 18 watt seharga Rp 170 ribu. Lalu EZE H4 15 watt harganya Rp 200 ribu. Ada juga merek Luminos dua sisi dibanderol Rp 225 ribu, M3C tiga sisi Rp 275 ribu, Luminos tiga sisi Rp 275 ribu, seperti tersedia di Warna Motor 125,Petos Junction Lot 7. No. 1 Jl. Ciledug Raya, Tangerang.

Aplikasi LED tidak hanya untuk headlamp, tersedia juga LED Daytime Running Light (DRL), bohlam LED lampu sein, dan lampu rem belakang. Namun, ada yang harus diperhatikan untuk mengganti sein LED agar kedipannya tetap normal. “Agar lampu sein tetap berkedip secara normal dan tetap selaras cukup mengganti flasher dengan e-flasher,” lanjut Wiet.

Bayonet satu pin dan dua pin berguna untuk lampu rem, dan lampu sein motosport

”Lampu LED ukurannya macam-macam yaitu T10 dengan rentang 0,5 watt sampai 3 watt khusus lampu senja, lampu sein, lampu spidometer. Ada juga tipe bayonet rata-rata 10 watt sampai 12 watt dengan dua pin untuk lampu rem belakang motor bebek atau matik, dan bayonet dengan satu pin untuk lampu sein motor-motor sport,” tambah pria yang bergelut di kelistrikan motor sejak 2007 silam.

Ukuran T10 untuk lampu sein, speedometer, lampu senja

Untuk lampu senja, sein, spidometer dengan ukuran T10 harganya cukup bervariasi mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 110 ribu. Sedangkan lampu rem belakang bayonet Rp 25 ribu sampai Rp 200 ribu. Langsung terang, plus bikin ganteng tampang tunggangan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.