Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi!

Selasa, 22 Maret 2016 17:20
Jeffry Yanto S.

Jangan menyemprotkan udara ke filter secara frontal karena akan merusak bahan penyaringnya.

Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi!

Filter udara basah tersemat pada matik injeksi, misalnya diaplikasi oleh Honda Beat PGM-Fi, dan Honda Vario 125 eSP, sebenarnya mirip dengan saringan pada sistem karbu. Terbuat dari bahan kasa yang halus dan terdapat pelumas guna menangkap debu agar tidak menggangu sistem pembakaran. Harap ingat, berhati-hati membersihkan saringan udara seperti ini. Lho, kenapa? 

“Sebenarnya tidak boleh dibersihkan, di filter udaranya saja tertulis peringatan tidak boleh dibersihkan. Selain itu buku panduan service di kedua matic tersebut juga tercantum 15.000-20.000 km filter udara harus diganti," ujar Meyrully, Kepala Mekanik bengkel resmi Honda di Jl.Ciledug Raya, Jakarta Selatan. 

Meyrully menambahkan, jika dibersihkan, apalagi dengan cara menyemprotkan udara ke filter secara frontal (seperti tampak pada foto di atas), karena akan merusak bahan penyaringnya. Otomatis kotoran lebih leluasa masuk pada sistem pembakaran. Jika sudah begitu, mesin malah jadi mudah kotor. Tarikan motor bisa jadi berat, bahan bakar juga jadi lebih boros. 

Kalaupun mau dibersihkan jangan langsung ke arah filter. "Cukup menyemprotkan udara dengan pelan dari sisi samping filter. Itu pun hanya mengangkat kotoran sedikit pada permukaan atasnya. Biasanya dilakukan saat servis berkala, jadi bukan hanya pergantian oli saja setiap 1.500 km," imbuhnya.

Semprotkan angin miring dari samping

Mengingat keadaan jalanan tanah air, Meyrully menganjurkan untuk ganti. "Meskipun jarak tempuhnya masih terbilang jauh dari ketentuan buku panduan. Sebab, dibersihkan dengan cara tersebut juga tidak berpengaruh, soalnya yang bersih hanya permukaan atasnya, dalamnya kan enggak. Semakin lama kotorannya menumpuk,” jelas pria ramah ini.

Kalau kotoran sudah menumpuk, saringan bisa mampat. Tenaga mesin jadi ngeden. Wajar saja untuk menggantinya, jika ingin kinerja motor selalu prima. Apalagi harga filter udara Beat PGM-Fi dan Vario 125 eSP masih terjangkau, hanya Rp 45 ribu. Eces, lah.. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.