Intip Fitur Unggulan VVA di Yamaha Aerox155VVA

 Intip Fitur Unggulan VVA di Yamaha Aerox155VVA
Kamis, 15 Desember 2016 16:30
Angga M

Fitur yang menarik di Yamaha Aerox155 adalah Valve Variable Actuation atau VVA sebagai salah satu fitur efisien Blue Core yang disematkan di mesin matik baru pabrikan Yamaha. VVA sebelumnya diterapkan pada Yamaha Nmax 155cc yang menggunakan mesin sama dengan Aerox155.

VVA dapat membuat mesin menghasilkan tenaga yang optimal pada putaran tinggi. Mesin SOHC 155 cc dengan empat katup, dua intake dan dua exhaust. Namun camshaft dilengkapi tiga profil berbeda, dengan satu profil untuk katup exhaust dan dua profil lagi untuk katup intake, serta rocker arm tambahan yang ada penghubungnya, komponen lainnya sebuah motor solenoid untuk mengatur operasi rocker arm.

Katup intake dioperasikan oleh camshaft yang memilki dua profil berbeda secara bergantian. Camshaft intake dua profil atau tonjolan penonjok rocker arm itu masing-masing beda waktu tugasnya, satu profil untuk putaran di bawah 6.000 rpm (low lift), profil lainnya untuk di atas 6.000 rpm. Profil camshaft untuk putaran di atas 6.000 rpm bentuknya lebih tinggi, agar bukaan katup lebih dalam (high lift).

AEROX 155 HITAM

Pada saat putaran rendah, rocker arm masih dioperasikan oleh profil low lift. Tetapi saat putaran mesin tinggi, motor solenoid akan menekan tuas yang menghubungkan lengan rocker arm sehingga profil high lift yang kini bertugas membuka katup lebih dalam.

Tujuannya jelas, agar bukaan katup intake lebih lama dan semburan campuran bahan bakar dan udara akan lebih banyak. Hasilnya, pembakaran akan lebih besar, tenaga yang dihasilkan akan optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.