4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir

4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir
Rabu, 1 Januari 2020 10:00
Danu P Dirgantoro

Momen tahun baru 2020 harus didapati dengan peristiwa yang kurang menyenangkan bagi sejumlah warga Jabodetabek. Hal ini dikeranakan intensitas hujan yang tinggi maka membuat banjir di sejumlah titik.

Tak pelak banyak sepeda motor yang terendam banjir. Bahkan ada yang nekat menerjang banjir karena satu dan lain hal dengan motor. Dari wawancara kami dengan Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, setidaknya dapat disimpulkan ada 4 hal yang harus Anda lakukan terhadap motor yang telah terendam banjir.

Berikut adalah hal yang harus Anda lakukan setelah motor terendam banjir.

1. Cek komponen vital
Menurut Wahyudi terdapat beberapa bagian sepeda motor yang harus segera dicek setelah terendam banjir. Bagian yang harus segera di cek antara lain seperti oli, filter udara, dan CVT. Bahkan jika kemasukan air ke bagian mesin, pemilik harus membersihkan air dari mesin tersebut.

2. Ganti oli
"Periksa olinya, bercampur sama air atau tidak? Saran saya adalah segera mengganti oli. Kemudian periksa filter udaranya, kalau sudah tidak normal lebih baik diganti. Cek dan bersihkan juga pada bagian CVT," pungkas Wahyudi.

Motor kena banjir
Foto: @erlanza

 

3. Cuci bersih
Dirinya pun menyarankan ketika terkena banjir, pemilik motor harus langsung mencucinya dengan air bersih. 

4. Semprot cairan penetran
Jika motor sudah bersih, maka ada baiknya semprot cairan penetran di bagian-bagian rawan karat seperti di engsel standar samping dan tengah, as roda dan sebagainya. 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.