Kenali Perbedaan Antara Ban Bias dan Radial. Apa Keunggulannya?

Kenali Perbedaan Antara Ban Bias dan Radial. Apa Keunggulannya?
Senin, 12 Oktober 2020 09:00
Thio Pahlevi

Ban motor jenis bias dan radial saat ini banyak beredar di pasaran. Secara tampilan, sekilas tak ada perbedaan di antara kedua jenis ban ini. Namun, ternyata keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Lantas, apa yang membedakannya dan apa keunggulannya?

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) memberikan penjelasannya. Menurutnya, terdapat beberapa perbedaan antara kedua ban tersebut.

   Baca Juga: Mau Modifikasi Jok Motor? Perhatikan Dulu 3 Hal Ini!

"Pada ban radial lapisan kawat tersebar di seputar poros ban. Permukaan puncak terluar tersusun dari beberapa lapisan yang membentuk struktur ban, hal ini menjadikan permukaan puncak terluar dan sisi ban memiliki sifat yang berbeda," ujar Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ilustrasi ban motor radial dan bias

Sementara itu, lanjut Jimmy, pada ban bias kerangkanya terdiri dari beberapa lapisan kawat yang disusun secara menyilang dengan sudut diagonal terhadap garis tengah lingkaran ban. Struktur antara permukaan puncak terluar dan sisi ban memiliki sifat mekanis yang seragam.

   Baca Juga: Hasil MotoGP Le Mans: Rossi Jatuh di Lap Pertama, Repsol Honda Podium!

Nah, apa saja keunggulan yang ditawarkan masing-masing ban tersebut?

"Keuntungan ban radial adalah beratnya lebih ringan dan konstruksinya lebih lentur sehingga daya cengkramnya lebih baik. Sedangkan untuk ban bias daya tahannya lebih tinggi dan harganya relatif lebih ekonomis," jelas Jimmy.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.