Solusi Hadapi Macet Walau Naik Matic

Solusi Hadapi Macet Walau Naik Matic

Perawatan motor matic secara berkala tentu menjadi syarat mutlak agar performanya tetap terjaga. Terlebih lagi jika motor matic seringkali melewati jalanan yang macet, seperti di Jakarta misalnya.

Kondisi jalan yang macet tentu sedikit-banyak akan memberikan pengaruh pada motor matic itu sendiri. Salah satu komponen yang terkena imbasnya adalah sistem pelumas atau oli mesin.

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, usia pakai oli mesin akan lebih cepat diganti jika sering menghadapi kemacetan. 

"Karena mesin tetap harus bekerja meskipun motor tidak jalan. Jadi, sebenarnya kilometernya belum mencapai jadwal ganti oli, namun secara putaran mesin sudah mencapai," jelas Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu. 

Ribut menambahkan, kondisi mesin juga menjadi lebih panas ketika motor matic dalam keadaan diam dan mesin menyala saat macet. Hal ini karena tidak ada udara yang turut berperan mendinginkan mesin. Sehingga, proses pendinginan mesin hanya dari oli saja.

Namun, tak perlu khawatir, meskipun sering digunakan melewati jalanan macet, performa motor matic tentunya bisa tetap terjaga dengan cara rutin melakukan penggantian oli serta memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic.

"Kesalahan pemilihan oli mesin tentunya akan sangat berpengaruh pada performa motor. Jika salah pilih, kondisi perputaran mesin bisa menjadi berat atau bahkan bisa mengalami overheat," jelas Ribut.

Salah satu oli yang bisa menjadi solusi untuk motor matic adalah oli Federal Matic 30 dari Federal Oil yang memiliki tingkat kekentalan 10W-30 JASO MB. Oli tersebut sempat tim OtoRider dan beberapa komunitas motor Honda uji dalam kegiatan Sunmori bertajuk 'Coolest Matic Challenge'. Hasilnya, terbukti suhu mesin tetap stabil dan tarikan motor tetap enteng meskipun diajak berputar-putar di tengah panas dan macetnya kota Jakarta.

Jadi, mulai sekarang harus cermat pilih oli agar performa motor matic tetap optimal.

Vario 125 panning lampu

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id