Awas! Jangan Lakukan Dua Hal Ini Saat Mencuci Motor

Awas! Jangan Lakukan Dua Hal Ini Saat Mencuci Motor

 

Rutin mencuci menjadi salah satu cara untuk menjaga tampilan motor tetap kinclong. Selain mencuci di tempat pencucian umum, kegiatan ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci motor.

Nah, apa saja yang harus dihindari saat mencuci motor? Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun memberikan penjelasannya. Menurut dia, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kerusakan.

   Baca Juga: Valentino Rossi: Saya Sedikit Kesulitan

Pertama, sebelum mencuci motor, pastikan terlebih dahulu mesin sudah dalam kondisi suhu dingin. "Karena bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan dengan air dingin saat mencuci adalah hal yang bertentangan," kata Ade.

Cuci motor dan rantai motor

Selanjutnya, Ade menyarankan untuk tidak menggunakan air bertekanan tinggi saat mencuci motor. Hal tersebut dikarenakan dapat menganggu dan merusak beberapa bagian komponen seperti radiator, rantai, speedometer serta komponen sistem kelistrikan.

   Baca Juga: Agustus 2021, Simak Harga Baru Honda BeAT, Genio, dan Scoopy

Pada komponen radiator, bagian sirip-sirip sangat sensitif terhadap benturan dengan benda lainnya, sehingga tidak disarankan menggunakan air bertekanan tinggi. Sedangkan, rantai roda juga berpotensi rusak karena pelumas yang tersimpan di bagian dalam roller rantai bisa keluar.

Ade menambahkan panel speedometer, kunci kontak, lampu-lampu atau komponen sistem kelistrikan juga sangat sensitif terhadap air bertekanan tinggi, karena air bisa masuk dan menganggu fungsi kerja komponen tersebut. Terakhir, perhatikan lubang box elemen cleaner supaya tidak kemasukan air saat dicuci.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id