Cara Mudah Bersihkan Permukaan Mesin dan CVT, Bisa Pakai Bahan di Rumah!

Cara Mudah Bersihkan Permukaan Mesin dan CVT, Bisa Pakai Bahan di Rumah!
Kamis, 30 September 2021 15:00
Brian

Komponen mesin dan Continous Variable Transmission (CVT) sangat mudah terkena kotoran. Biasanya kotoran yang menempel berasal dari debu jalanan, lumpur jalanan, dan sisa-sisa oli. Kondisi ini tentunya membuat tampilan motor menjadi kusam dan terkesan tidak terawat.

Sutrisno selaku pemilik bengkel umum Jawa Motor mengatakan untuk membersihkan mesin dan CVT dari kotoran cukup mudah. Bahkan untuk membersihkannya dapat menggunakan bahan-bahan yang berada di rumah seperti sabun. Selain sabun, bensin juga dapat membersihkan permukaan mesin dan cvt dari kotoran tersebut.

   Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi dari Oli Gear Motor Matik

"Buat bersihinnya pakai bensin saja dan dicampur dengan sabun juga bisa. Sabunnya apa saja, bisa sabun colek atau sunlight yang buat cuci piring. Soal takarannya satu banding satu saja, misalnya sabunnya setengah botol kemudian bensinnya setengah botol, lalu dicampur," ujar Tris kepada OtoRider, Kamis (29/9).

Mesib CVT Honda All new Beat Matic ban pelek

Tris mengatakan setelah kedua bahan tersebut dicampur, dapat diletakkan di botol yang dilubangi tengahnya. Kemudian cairan tersebut disemprotkan ke permukaan mesin dan CVT yang ingin dibersihkan. Setelah disemprotkan, permukaan dapat disikat menggunakan kuas agar kotoran debu dan oli dapat terangkat.

   Baca Juga: Ragam Aksesoris Yamaha YZF-R15 V4 dan YZF-R15M

"Kalau sudah dicampur disemprotin ke bagian mesin yang mau dibersihkan. Usai disemprot cairan bensin dan sabun tadi bisa disikat pakai kuas. Pas dibilas kotoran yang menempel di mesin seperti debu jalanan, lumpur atau residu oli itu bisa turun dan bersih," pungkas Tris.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.