Kenali Jenis Helm, Mana yang Paling Sesuai Digunakan?

Kenali Jenis Helm, Mana yang Paling Sesuai Digunakan?

 

Berkendara menggunakan sepeda motor tentunya harus memperhatikan faktor keselamatan yang dapat dimulai dari melengkapi perlengkapan berkendara. Di antaranya terdapat jaket, sarung tangan, dan helm yang menjadi perangkat paling penting. Namun banyak yang kurang mengetahui mengenai jenis helm, padahal dapat disesuaikan dengan fungsinya.

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora mengatakan helm menjadi fitur keselamatan penting. Meskipun berkendara dalam jarak dekat, disarankan untuk tetap menggunakan helm. Pengendara juga perlu memahami jenis dan fungsi helm agar nyaman saat berkendara.

Pertama adalah helm full face. Jenis helm ini merupakan yang paling aman untuk digunakan karena melindungi otak belakang, rahang, dan wajah. Biasanya helm ini dipakai oleh pembalap dan juga pengendara yang sedang dalam perjalanan jauh. "Namun tidak ada salahnya digunakan di dalam kota karena helm full face aman untuk meminimalisir risiko ketika kecelakaan," ujar Ludhy dalam keterangan tertulis.

Jenis Helm

Selanjutnya adalah helm open face. Jenis yang satu ini juga tergolong aman karena melindungi otak bagian belakang dan rahang. Biasanya helm jenis ini lebih cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. "Tidak disarankan menggunakan helm ini ketika berkendara jarak jauh apalagi menggunakan sepeda motor dengan kapasitas yang besar," lanjutnya.

   Baca Juga: Pemilihan Oli Transmisi yang Tepat untuk Motor Matic Yamaha

Terakhir adalah helm off-road. Seperti namanya jenis yang satu ini banyak digunakan di jalur tanah atau tanpa aspal. Secara keselamatan helm ini memberikan proteksi lebih bukan hanya sekadar melindungi kepala, namun juga dapat melindungi dagu. Sementara bagian topi dimaksudkan untuk menghindari cipratan tanah dari pengendara lain.

Jenis Helm

Mexvico selaku anggota dari komunitas Belajar Helm mengatakan saat ini helm juga turut menjadi tren berkendara. Menurutnya helm full face sangat digemari oleh pengendara usia muda. Hal ini didasari oleh penampilan yang lebih baik ketika berkendara menggunakan helm full face.

   Baca Juga: Jangan Asal Pilih Dealer Saat Membeli Motor Bekas

"Tapi kalau untuk anak muda, saya jamin pada pakai full face. Lebih kepada ke penampilan, apalagi helm sekarang sudah menjadi gaya hidup gitu kan. Padahal fungsi dan ukuran helm belum tentu dia benar," ujar Mexvico saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id