Naik Motor Trail Lewati Jalan Rusak dan Berbatu, Sebaiknya Berdiri atau Duduk?

Naik Motor Trail Lewati Jalan Rusak dan Berbatu, Sebaiknya Berdiri atau Duduk?

Berkendara menggunakan motor trail tentunya memiliki teknik yang berbeda dengan motor untuk jalanan aspal. Hal tersebut dikarenakan lintasan motor trail memiliki beragam kondisi, mulai dari trek tanah, lumpur, hingga bebatuan. Lantas, bagaimana teknik berkendara menggunakan motor trail?

Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT Thamrin Brothers pun memberikan beberapa tipsnya ketika mengendarai motor trail, khususnya di jalan rusak atau berbatu. Hal ini tentunya diperlukan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

   Baca Juga: Yamaha XSR125 Dirilis Di Inggris, Livery Bisa Jadi Inspirasi Modifikasi

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah posisi berkendara. YRA menyarankan posisi saat melintasi jalanan rusak adalah dengan berdiri. Akan tetapi, tips ini dapat dilakukan dengan catatan pengendara sudah menguasai riding position off-road.

Yamaha WR 155R

Selanjutnya, posisi tangan rileks serta hindari melawan pergerakan setang dengan keras. Saat melewati jalan rusak atau berbatu, gunakan posisi gear dan putaran mesin yang tepat.

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Le Mans, Prancis 2021: Marquez Optimistis, Rossi Ingin Lebih Kuat

Terakhir, hindari melakukan akselerasi dan pengereman secara tiba-tiba. Tak lupa, kenali karakter jalan, fokus dan konsentrasi saat berkendara, serta tentunya gunakan safety gear yang aman dan nyaman. Selain kondisi motor, pastikan juga fisik sehat atau tubuh fit karena membutuhkan tenaga yang kuat dalam menempuh perjalanan di trek off-road.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id