Ban Motor Tubeless Sering Bocor Halus, Ternyata Ini Penyebabnya

Ban Motor Tubeless Sering Bocor Halus, Ternyata Ini Penyebabnya
Senin, 7 Maret 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Ban motor bocor halus tentu sangat merepotkan, apalagi jika kondisi tersebut dialami pada pagi hari saat hendak berangkat beraktivitas. Kalau dipaksakan untuk digunakan pada kondisi tekanan angin yang kurang tentunya memiliki efek samping. Ditambah dengan tekanan angin yang kurang dapat menganggu kenyamanan berkendara, motor akan terasa agak berat ketika belok.

Kurangnya tekanan angin ban juga menyebabkan kerja mesin menjadi lebih berat sehingga konsumsi bahan bakar bakal lebih boros. Akibat paling buruk, jika tanpa disadari menghantam lubang pelek juga bisa menyebabkan penyok. Lantas apa saja penyebab ban motor tubeless bocor halus?

   Baca Juga: Berikut Pilihan Ban Dual Purpose Honda CB150X, Mulai Rp 300 Ribuan!

Abdul Malik selaku Service Advisor Rumah Ban Motor menjelaskan, ada beberapa penyebab ban motor tubeless bocor halus. Salah satunya dari kondisi pelek yang terdapat endapan kotoran menempel sehingga menyebabkan korosi.

Ban Motor Kurang Angin

“Biasanya kalau motor sering mengalami bocor halus itu salah satu penyebabnya bisa dari kondisi dalam pelek yang kotor. Endapan kotoran dibiarkan terlalu lama, jadinya pelek bakal korosi. Angin bakal keluar sedikit-sedikit dari bibir pelek,” ucap Malik saat ditemui OtoRider.

Penyebab bagian dalam pelek kotor atau korosi pun bisa disebabkan dari uap air yang masuk saat mengisi angin ban. Selain itu, pengunaan cairan anti bocor yang lama tidak diganti juga bisa menjadi biang masalahnya. “Cairan anti bocor seharusnya dilakukan penggantian 8 bulan sekali, jadi cairan enggak keburu beku. Kalau sudah beku tentunya bakal bikin pelek korosi,” lanjut Malik.

   Baca Juga: Pilihan Ban Honda ADV150, Mulai dari Rp 300 Ribuan

“Untuk mengatasi pelek yang korosi biasanya kami lepas bannya, lalu dibersihkan bagian dalamnya. Cara membersihkannya pakai amplas, kalau parah pakai amplas agak kasar dulu kemudian dilanjut amplas halus,” jelasnya.

Selain itu, ternyata masih ada penyebab gejala ban tubeles bisa bocor halus yaitu dari kondisi pentil ban. “Enggak hanya dari bibir pelek, biasanya kondisi pentil juga bisa jadi penyebabnya. Karet dudukan pentil sudah getas jadi angin bisa keluar lewat situ,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.