Berkenalan dengan 4 Fungsi Knalpot, Yakin Sudah Tahu?

Berkenalan dengan 4 Fungsi Knalpot, Yakin Sudah Tahu?

 

Knalpot menjadi salah satu komponen yang tersemat pada motor. Seiring perkembangan industri otomotif roda dua, komponen-komponen motor dibuat dan dirancang dengan menggunakan teknologi terbaik, termasuk knalpot. Knalpot dibuat dari berbagai macam bahan, di antaranya seperti stainless steel, baja, dan titanium yang lebih premium.

Knalpot sendiri tak hanya berperan sebagai saluran gas buang. Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun memberikan penjelasan mengenai beberapa fungsi lain dari knalpot.

   Baca Juga: Zero Wash Motocare, Tawarkan Biaya Detailing Motor Mulai Rp 250 Ribuan

Pertama, knalpot berfungsi sebagai peredam suara. Fungsi yang paling utama adalah meredam suara bising dari ruang bakar akibat proses pembakaran. Setiap kali proses pembakaran muncullah ledakan. Ledakan tersebut jika tidak diredam akan menimbulkan kebisingan.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Selanjutnya, knalpot berperan untuk menurunkan tekanan gas buang. Hasil pembakaran menghasilkan tekanan yang harus dibuang. Semakin minim hambatan pada knalpot, maka aliran gas buang akan semakin baik. Sehingga tenaga akan optimal, karena tidak ada gas buang yang ikut terbakar kembali.

Fungsi yang ketiga dari knalpot yakni melepaskan panas. Hasil pembakaran tentunya menimbulkan panas. Panas di mesin ini harus bisa dilepaskan atau dikeluarkan. Oleh sebab itu, knalpot juga berfungsi guna melepaskan panas dari mesin.

Bengkel Knalpot WRC Racing Muffler

   Baca Juga: Lengkapi Jajaran Motor Ikonik, Honda Rilis ST125 Dax 2022

Terakhir, knalpot berguna untuk mengurangi kadar emisi gas buang berbahaya. Biasanya knalpot dilengkapi dengan ruang atau chamber gas buang yang memiliki catalytic converter. Sehingga, bisa mengurangi kadar emisi gas buang dan mengkonversinya menjadi gas yang ramah lingkungan.

"Pengguna sepeda motor perlu memahami fungsi knalpot dan perawatannya sehingga dapat menjaga kondisinya selalu baik. Karenanya kami ingin menyampaikan sejumlah poin terkait hal tersebut sehingga turut membantu konsumen dalam memperhatikan kondisi knalpot motor mereka," ujar Muslian.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id