Ini Faktor yang Memengaruhi Usia Pakai Helm, Sudah Tahu?

Ini Faktor yang Memengaruhi Usia Pakai Helm, Sudah Tahu?

 

Helm adalah salah satu komponen penting saat berkendara. Karena, helm berperan menjaga keselamatan pemakainya saat berkendara di jalanan.

Lantas, apakah helm memiliki batas usia? Jawabannya ya. Beberapa produsen bahkan menerapkan aturan helm harus diganti setiap lima tahun sekali.

   Baca Juga: Resmi! Honda Rilis New ADV160, Harga Mulai Rp 36 Jutaan

Helm pun bisa memiliki usia pakai yang lebih cepat, tetapi juga berusia pakai panjang dengan beberapa faktor. Dikutip dari laman timelines2will, SnellFoundation selaku organisasi non profit yang fokus pada penelitian, pendidikan, dan pengembangan standar keselamatan helm sepeda motor menjelaskan beberapa pertimbangannya.

Helm Nolan X-803 RS Ultra Carbon Casey Stoner 10th Anniversary

Kerusakan

Penyebab kerusakan helm bisa membuat masa pakai terbatas. Hal ini karena kulit terluar dan bahan pelapis yang digunakan akan rusak seiring waktu. 

Kerusakan terjadi disebabkan beberapa faktor, seperti sering jatuh, tidak merawatnya dengan baik, dan terpapar sinar matahari. 

Genuine Vespa Helmet terbaru seri Heritage

Komponenhelm

Komponen helm juga menjadi salah satu alasan. Bukan tanpa sebab beberapa pabrikan helm membuat dengan bahan yang berbeda-beda. Jika disimpan dengan baik, maka dapat memengaruhi seberapa cepat masa pakainya.

   Baca Juga: Daftar Warna Lengkap Honda ADV160 Varian ABS dan CBS

Kelembaban

Tak hanya itu saja, kelembaban pada rambut yang disebabkan oleh minyak atau cairan lain, seperti produk pembersih dengan sendirinya dapat menurunkan material di berbagai bagian yang ada di dalam helm.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id