Penyebab Seal Kruk As di CVT Motor Cepat Rusak, Efeknya Bikin Slip

Penyebab Seal Kruk As di CVT Motor Cepat Rusak, Efeknya Bikin Slip
Kamis, 9 Juni 2022 09:00
Ruslan Abdul Gani

Tarikan motor matik yang terasa slip saat putaran bawah salah satunya bisa disebabkan oleh seal kruk as bocor. Selain membuat motor tidak nyaman ketika dikendarai, oli yang masuk ke komponen CVT bisa bikin usia pakai roller dan v-belt jadi lebih cepat. Lantas, apa penyebab seal kruk as di CVT cepat rusak?

“Penyebab utamanya seal kruk as yang ada di CVT cepat rusak itu biasanya karena jarang ganti oli,” kata Ujang, Pemilik Bengkel Ardi Motor di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

   Baca Juga: Cegah Karat dan Korosi, Lakukan Hal Ini pada Standar Motor

Lebih lanjut, ia menjelaskan bila jarang melakukan penggantian oli mesin pastinya akan membuat suhu mesin menjadi lebih panas. “Namanya seal kan terbuat dari karet, otomatis efeknya jadi memuai, lama-kelamaan bisa robek," ujar Ujang saat ditemui OtoRider.

Penyebab Seal Kruk As di CVT Cepat Rusak

Padahal jika oli mesin rutin diganti usia pakai karet seal kruk as bisa lebih lama. Kemudian, untuk motor yang berpendingin cairan atau radiator harus sering dicek juga kondisinya. “Kalau motor yang pakai pendingin radiator cek juga air coolant-nya, supaya suhu mesin tetap stabil,” jelasnya.

   Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155, Ada Kenaikan?

Ternyata ada penyebab lain yang bisa bikin seal kruk as cepat rusak yaitu kondisi dari as kruk as. “Kondisi as kruk as yang baret atau tidak halus bisa juga menjadi penyebabnya, oli mesin bisa rembes ke bagian CVT,” terangnya.

Nah, itulah penyebabnya, jadi lebih baik sering cek area CVT Anda, terutama di area seal kruk as yang tersembunyi di balik rumah roller. Pastikan seal dan area sekitarnya bersih agar tidak mudah tergores oleh kotoran yang bisa membuat seal jadi rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.