Tips Merawat Aki Vespa Matic Biar Awet, Bisa Dilakukan Sendiri

Tips Merawat Aki Vespa Matic Biar Awet, Bisa Dilakukan Sendiri

 

Aki atau baterai memiliki peranan penting sebagai sumber kelistrikan pada motor, apalagi di Vespa Matic yang sudah pakai sistem injeksi. Agar tetap bekerja optimal dan memiliki usia pakai yang panjang, tentunya perlu dilakukan perawatan.

Nah, jangan disepelekan meski aki yang digunakan saat ini jenis aki kering, ternyata juga perlu mendapatkan pengecekan serta perawatan berkala. Lalu, bagaimana cara merawat aki Vespa Matic biar tidak cepat lemah?

   Baca Juga: Daftar Aksesoris Resmi Honda ADV160, Termurah Mulai Rp 50 Ribuan

Menurut Abdul Rosyid sebagai Kepala Mekanik Scooter VIP, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawat aki. “Pertama, periksa kondisi terminal aki, baik yang plus atau arus listrik dan yang minus atau massa dari adanya kotoran, jamur ataupun benda asing lainnya yang dapat menghalangi aliran arus listrik,” ucapnya saat ditemui OtoRider di Kawasan Rukan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Kenali Ciri-ciri Aki Mulai Lemah di Vespa Matic

Kemudian, jika terdapat kotoran atau jamur, bersihkan menggunakan air panas dan sedikit digosok memakai sikat tembaga atau sikat kawat secara perlahan saja. Selain itu, bagi Anda yang punya alat volt meter bisa lakukan pengecekan tegangan pada aki.

   Baca Juga: Berburu Honda Supra GTR atau Yamaha MX King? Berikut Harga Terbarunya

"Baterai dinyatakan dalam kondisi normal kalau tegangannya di atas 12,4 volt. Tetapi sebaliknya, jika tegangan berada di bawah 12,4 volt, maka perlu dilakukan pengecasan,” ujar Abdul.

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan cara yang terakhir agar aki tetap awet yaitu sebaiknya mesin motor sering dipanaskan. “Tujuan motor dipanaskan agar aki tetap terisi penuh. Kalau mesin motor hidup, spull akan mengisi arus ke aki,” jelasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id