Aki Motor Drop? Cek Beberapa Sistem Kelistrikan Ini!

Aki Motor Drop? Cek Beberapa Sistem Kelistrikan Ini!
Selasa, 20 Juni 2023 13:00
Nabiel Giebran El Ri

Seiring pemakaian, pemilik motor tentu pernah mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah aki drop. Sehingga, membuat kerja sistem kelistrikan menjadi terganggu.

Nah, kira-kira apa yang harus dilakukan jika aki drop secara terus-menerus? “Pertama coba cek tegangan aki, minimal 12,4 volt. Kalau tegangan di bawah itu, tandanya kurang dan harus dicas terlebih dahulu," ungkap Andi, salah satu Mekanik Suba Motor, Bojong Gede.

   Baca Juga: Banyak Diminati, Beli Yamaha Aerox Perlu Inden Lama

Langkah selanjutnya bisa cek voltase pengisian dengan alat Avometer. "Hidupkan mesin, lalu tempelkan Avometer ke kutub aki. Cek tegangan normalnya berada di atas 12,4 volt dan jangan sampai lewat dari 15,5 volt," lanjut Andi.

Aki Motor

Andi menjelaskan, jika tegangan aki tidak sesuai, maka bisa menjadi indikasi kiprok mengalami kerusakan.

Pengecekan selanjutnya bisa meliputi bagian kabel dan soket-soket. "Cek juga kabel-kabel dan soket dari spull atau soket kiprok, biasanya ada yang putus satu, tapi enggak terdeteksi," ucap Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.