Perhatikan! Ini Tips Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tetap Awet

Perhatikan! Ini Tips Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tetap Awet
Senin, 6 Februari 2023 10:00
Afrizal Abdul Rahman

Tren ke arah kendaraan berbasis baterai kian pesat di belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun demikian, tak sedikit yang bertanya bagaimana perawatan kendaraan listrik agar tetap awet. 

Arif, Kepala Teknis Petrik Bike yang menjadi salah satu bengkel spesialis konversi mengatakan perawatan atau servis berkala untuk motor listrik itu hampir tidak ada. Bahkan, seringkali yang datang ke bengkel hanya dalam kondisi motor sudah rusak saja.

"Hampir tidak ada perawatan atau servis gitu. Tapi ada trik agar komponen penting seperti baterai tetap awet," katanya kepada OtoRider baru-baru ini.

Komponen motor listrik

   Baca Juga: Meski Nilainya Turun, Subsidi Motor Listrik Akan Diumumkan Februari

Arif mengatakan agar baterai kendaraan listrik tetap awet yaitu dari cara pengecasan yang wajib diperhatikan. "Penting untuk memahami agar pengecasan itu jangan keseringan over charging agar baterai tidak cepat rusak," tambahnya. 

Selain over charging, Arif menilai jangan pernah membiarkan motor listrik tidak menyala dalam waktu yang lama, misalnya kisaran enam bulan hingga satu tahun. Hal tersebut dapat berdampak pada kerusakan baterai.

"Kalau kendaraan listrik tidak digunakan, dibiarkan lama di gudang, itu bisa membuat masalah baru, dimana sel baterai bisa beku dan cepat rusak," paparnya. 

Komponen motor listrik

   Baca Juga: Inginkan Subsidi Motor Listrik, ECGO EV Moto Kejar TKDN

Untuk itu, ia menyarankan setiap pengguna kendaraan listrik agar memerhatikan kondisi motor. Pastikan juga satu bulan sekali digunakan atau melakukan pengecasan. "Saran saya kalau memang sibuk banget itu paling tidak satu bulan sekali dicas motor listriknya, atau bisa gunakan ke tempat yang dekat dari rumah," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.