Salah Pilih Cairan Pendingin Mesin Bisa Menurunkan Performa Motor

Salah Pilih Cairan Pendingin Mesin Bisa Menurunkan Performa Motor
Selasa, 24 Januari 2023 11:00
Benny Averdi

Karena mengeluarkan panas, mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) pada motor perlu sistem pendingin. Sistem pendinginan mesin motor sendiri umumnya memiliki dua tipe, yakni menggunakan sirip atau pendingin udara serta memakai cairan, yang juga dikenal sebagai radiator.

Radiator berfungsi menurunkan suhu cairan pendingin dari mesin dan kemudian setelah suhunya turun, akan kembali ke mesin atau bersirkulasi. Banyak yang mengira, suhu cairan itu harus dibuat sedingin mungkin agar mesin tidak kepanasan. Namun, itu adalah pemahaman yang kurang tepat.

   Baca Juga: Setelah XSR155 dan NMax, Giliran Yamaha R15 Dapatkan Warna Baru

Dhany Ekasaputra selaku Manajer Promosi PT Autochem Industry mengatakan mesin membutuhkan suhu ideal saat bekerja. “Biasanya 85-92oC, itu suhu ideal sehingga kerja mesin jadi optimal,” ungkapnya.

Radiator Motor

Ia pun menyarankan agar memilih radiator coolant yang kandungan ethylene glycol-nya sekitar 30%. “Ethylene Glycol, salah satunya bertujuan mencegah penguapan, juga menahan penghantaran panas, sehingga relatif cairan pendingin suhunya terjaga,” jelasnya.

   Baca Juga: Street Race Bakal Digelar Kembali di Kemayoran pada 27-29 Januari 2023

Namun kalau terlalu banyak, malah tidak mencapai suhu kerja ideal mesin. Jika suhu kerja tidak ideal, maka mesin bisa mengelitik, meski menggunakan bensin yang sudah sesuai, bahkan di atasnya. Begitu juga dengan konsumsi bahan bakar, akan berpotensi menjadi lebih boros.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2023. Otorider.com. All rights reserved.