Terlihat Sepele, Hal Ini Ternyata Dapat Menurunkan Kadar Emisi Motor

Terlihat Sepele, Hal Ini Ternyata Dapat Menurunkan Kadar Emisi Motor Uji emisi kendaraan di Planet Ban Depok.
Senin, 9 Oktober 2023 12:50
Benny Averdi

OTORIDER - Tilang uji emisi dimulai kembali oleh Pemprov DKI mulai 1 November mendatang. Kemudian, tempatnya pun akan berubah-ubah.

"Ya, tentu itu akan berpindah-pindah (mobile). Masih dalam pembahasan titik-titiknya, nanti diinformasikan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dikutip dari Antara, Minggu (8/10).

Nah, bagi pemilik motor, sebenarnya jika kondisi mesin kendaraan Anda terawat dan tidak mengalami masalah, ada hal yang bisa dilakukan tanpa perlu membawanya ke bengkel.

"Pastikan mesin berada dalam suhu kerja ideal, itu akan membuat proses pembakaran di dalam mesin baik," tutur Ade Rachmat P, dari ARP Motorsport di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan oleh pengendara, dengan 'memanaskan' mesin beberapa menit sebelum dijalankan. "Hidupkan sekitar 2-3 menit saja sudah cukup mencapai suhu kerja ideal," ungkap mantan chief mekanik tim Astra Honda Racing (AHRT) itu.

Selain mendapatkan suhu kerja ideal, pelumasan mesin pun dijamin akan lebih merata. Sehingga, saat dijalankan semua bagian mesin sudah terlumasi secara optimal.

"Tidak perlu lama-lama sehingga terjadi pemborosan, sebentar saja," ungkapnya. Meski terlihat sepele, namun bisa juga membuat emisi kendaraan menjadi baik. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.