Terungkap! Ini Penyebab Ban Motor Habis Secara Tidak Rata

Terungkap! Ini Penyebab Ban Motor Habis Secara Tidak Rata
Minggu, 18 Juni 2023 08:00
Nabiel Giebran El Ri

Ban merupakan salah satu komponen penting yang ada di motor. Oleh karena itu, ban motor harus selalu diperhatikan kondisinya mulai dari tekanan angin yang pas maupun tingkat keausannya.

Ketika memeriksa kondisi keausan ban, mungkin Anda sering melihat atau mengalami tapak ban yang habisnya tidak rata alias cuma sebelah saja. Nah, kira-kira penyebab dari masalah tersebut apa ya?

   Baca Juga: Ramaikan Jakarta Fair 2023, Kawasaki Rilis KLX110R dan KLX110R L

“Jika ban habis sebelah itu biasanya disebabkan karena adanya kesalahan pemakaian ban,” ujar Haris, salah satu Pegawai Planet Ban di Talang, Bogor kepada OtoRider.

Ban Motor ADV 160

Hal tersebut diungkapkan Haris, karena kejadian paling sering adalah tekanan angin ban yang tidak sesuai. "Paling sering sih dikarenakan tekanan angin di ban yang enggak sesuai dengan rekomendasi," kata Haris.

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Sachsenring, Jerman 2023: Mampukah Marquez Juara?

"Biasanya karena tekanan angin ban yang kurang, jadi ban tidak bisa menapak dengan sempurna. Nah, otomatis habisnya juga tidak sempurna," tutup Haris.

Selain itu, tidak ratanya keausan ban juga bisa diakibatkan oleh suspensi terlalu keras atau tekanan suspensi kiri dan kanan yang berbeda, serta kondisi permukaan jalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.