Awas! Ini Efek Salah Cara Pasang Bearing Performa Tinggi di Motor

Awas! Ini Efek Salah Cara Pasang Bearing Performa Tinggi di Motor Ilustrasi kerusakan bearing motor.
Rabu, 3 Januari 2024 14:00
Thio Pahlevi

OTORIDER - Bearing performa tinggi (high performance) umumnya mudah ditemukan pada mesin motor yang sudah di-upgrade. Karena, mesin motor yang telah dimodifikasi memiliki putaran mesin (rpm) lebih tinggi dibanding mesin standar. Sehingga, membutuhkan dukungan bearing performa tinggi agar putarannya lebih ringan dan lancar.

Tak hanya pada mesin modifikasi, bearing ini juga bisa dipakai di mesin motor standar, asalkan memiliki dimensi yang sama. Hal itu turut dikonfirmasi oleh Gunawan selaku Engineering PT Faito Racing Development Indonesia.

"Ada beberapa kelebihan dari bearing high performance, walaupun digunakan pada mesin motor harian. Misalnya, putaran mesin jadi lebih enteng dan mesin mudah langsam saat pertama kali dinyalakan, serta yang lebih penting lagi, bearing high performance jadi lebih awet karena memiliki batas rpm maksimal yang tinggi," kata Gunawan.

Akan tetapi, cara pasang bearing yang salah bisa menyebabkan komponen tersebut tidak bekerja maksimal. Bahkan, berisiko memperpendek usia pakainya. Lantas, apa saja efek yang ditimbulkan bila salah dalam proses pemasangan bearing?

"Beberapa kerusakan yang timbul akibat metode pemasangan bearing yang salah di antaranya bearing jadi lebih cepat oblak, posisi bearing jadi miring sehingga rumah bearing jadi longgar. Semua hal tersebut dapat memperpendek masa pakai bearing," ucap Gunawan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.