Bedah Komponen Penting pada YECVT Yamaha NMax Turbo 2024

Bedah Komponen Penting pada YECVT Yamaha NMax Turbo 2024 Yamaha NMax Turbo 2024.
Sabtu, 29 Juni 2024 10:00
Thio Pahlevi

OTORIDER - Yamaha NMax Turbo 2024 telah resmi hadir pada pertengahan Juni. Produk Maxi Yamaha tersebut dipasarkan dalam empat pilihan varian, yakni Neo, Neo S, NMax Turbo, dan NMax Turbo Tech Max. Selain itu, untuk pasar roda dua Indonesia tersedia edisi khusus yaitu NMax Turbo Tech Max Ultimate.

Pada Yamaha NMax varian Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membekalinya dengan fitur Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang memberikan sensasi 'Turbo'. Lantas, apa saja komponen yang terdapat pada YECVT?

Teknologi YECVT pada Yamaha NMax Turbo 2024 sendiri telah menggunakan sistem kerja elektronik, menggantikan CVT konvensional yang masih memakai roller dengan gerak sentrifugal. Fitur ini pun mendapatkan garansi selama dua tahun.

Terdapat beberapa komponen penting pada YECVT Yamaha NMax Turbo. Di antaranya adalah Transmission Control Unit (TCU), ECVT Motor, Sensor Motor Position (Primary), dan Speed Sensor (Secondary).

Sementara untuk kompenen penggerak YECVT, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor, dan Gear Reduction Driven yang digaransi selama 3 tahun. Diameter Pulley juga didesain lebih besar 10mm, V-belt lebih lebar 0,8mm, dan Spring Secondary lebih panjang 48,7mm serta lebih keras 163N. Sehingga, membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.

Berikut fungsi dari beberapa komponen YECVT:

Transmission Control Unit (TCU): Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU).
ECVT Motor: Menggerakkan Pulley Primary.
Sensor Motor Position (Primary): Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU).
Speed Sensor (Secondary): Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU.

(*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.