Berapa Waktu yang Dibutukan untuk Memanaskan Mesin Motor Injeksi?

Berapa Waktu yang Dibutukan untuk Memanaskan Mesin Motor Injeksi? Ilustrasi memanaskan mesin motor injeksi.
Selasa, 11 Juni 2024 09:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Dunia otomotif semakin berkembang berkat adanya teknologi. Jika dahulu umumnya motor menggunakan karburator, kini hampir tidak lagi digunakan. Sebab, kebanyakan motor modern sudah memakai sistem pembakaran injeksi.

Dulu, memanaskan motor karburator perlu dilakukan. Namun, apakah motor injeksi berlaku juga? Menurut Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi, sistem pada motor injeksi sudah dirancang untuk dapat bekerja dengan baik tanpa perlu dipanaskan dalam waktu lama.

"Tapi, memanaskan mesin motor injeksi memiliki manfaat khusus, yaitu membantu oli mesin bersirkulasi sebelum digunakan," kata Wahyu, Senin (10/6).

Menurutnya, memanaskan motor terlalu lama tidak akan merusak mesin. "Asalkan, saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber," papar Wahyu.

Lalu, berapa lama waktu untuk memanaskan motor injeksi? "Cukup satu sampai lima menit. Jika terlalu lama dipanaskan, bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia," tambahnya.

Selebihnya, dalam menjaga kondisi motor Honda tetap prima, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel yang terpercaya agar seluruh fitur dan komponen bisa bekerja secara optimal. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.