Cegah Pencurian Sepeda Motor dengan Cara ini

Cegah Pencurian Sepeda Motor dengan Cara ini Ilustrasi motor curian.
Minggu, 10 Maret 2024 11:45
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pencurian sepeda motor masih sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Meskipun produsen sepeda motor telah melengkapi sistem keamanan berupa kunci setang, nyatanya hal tersebut belum bisa meredam aksi pencurian motor.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mempunyai cara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian sepeda motor. Caranya, dengan penggunaan kunci ganda, sehingga membuat pelaku pencurian kesulitan untuk membawa motor tersebut.

"Kami imbau masyarakat selalu waspada dan mengajak untuk menggunakan kunci ganda saat memarkir kendaraan," kata Gidion di Jakarta, Jumat (8/3).

Dirinya juga menyarankan agar masyarakat tidak memarkir kendaraan di sembarang tempat. "Jangan cuek atau bersikap sembarangan, tapi parkir kendaraan di tempat yang aman," papar Gidion.

Selain pada kendaraan, pengamanan area sekitar lingkungan juga perlu dilakuan dengan mengaktifkan ronda malam. Kegiatan ini membuat peluang terjadinya aksi kriminal berkurang.

"Kami berharap masyarakat dapat memasang kamera pengintai atau CCTV di lingkungan tempat tinggal sehingga dengan mudah mengidentifikasi aksi pencurian," ujar Gidion.

Dalam beberapa waktu ini kasus pencurian motor sering terjadi. Dua pelaku pencurian sepeda motor berhasil diamankan Kepolisian Sektor (Polsek) Kelapa Gading. Pelaku mencari sasaran sepeda motor yang diparkir di depan rumah atau di pinggir jalan yang tidak ada pengawasan dari pemiliknya.

Dalam menjalankan aksi, pelaku mempersiapkan alat berupa kunci leter T untuk merusak kunci kontak sepeda motor yang akan diambil. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.