Libur Tahun Baru 2024, Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Berkendara Motor!

Libur Tahun Baru 2024, Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Berkendara Motor! Ilustrasi pengendara motor melakukan perjalanan jarak jauh.
Selasa, 2 Januari 2024 11:00
Thio Pahlevi

OTORIDER - Pergantian tahun 2023 ke 2024 dibarengi dengan musim libur Natal dan Tahun Baru. Sejumlah pengendara motor umumnya memanfaatkan momen ini dengan berkunjung ke sejumlah lokasi, baik menyambangi kerabat maupun mendatangi lokasi wisata. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berkendara motor saat musim libur, khususnya ketika menempuh perjalanan jauh atau touring.

Muhammad Arief selaku Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) membagikan beberapa tips berkendara motor di musim liburan. Ia pun memberikan kiat-kiat bagi pemotor yang hendak bepergian jarak jauh atau touring.

"Musim libur panjang di akhir tahun memang sering kali digunakan oleh para biker untuk melakukan mobilitas jarak jauh ke berbagai tempat. Terdapat berbagai hal terkait aspek keselamatan yang perlu diperhatikan oleh para pengendara. Tidak hanya sebatas pada kondisi fisik, namun kondisi motor dan cara berkendara yang baik juga perlu diterapkan agar kegiatan mobilitas akhir tahun dapat berjalan dengan lancar sampai di tujuan," kata Arief.

Arief menyebutkan setidaknya terdapat tujuh hal yang harus diperhatikan oleh pengendara motor sebelum melakukan perjalanan jauh. Di antaranya adalah cek kondisi kendaraan, pastikan kondisi tubuh sehat, kenali rute perjalanan, patuhi rambu lalu lintas & marka jalan, gunakan riding gear yang layak, tidak membawa muatan berlebih, dan tidak membonceng lebih dari satu orang.

"Riding gear yang layak, nyaman, dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khususnya saat perjalanan jarak jauh. Jangan lupa selalu sedia pula jas hujan yang dapat digunakan sewaktu-waktu ketika hujan mengguyur. Jas hujan 2-piece (baju dan celana) lebih direkomendasikan karena relatif lebih aman digunakan pada saat berkendara ketimbang jas hujan model ponco," jelas Arief. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.