Panduan Lengkap Cara Memilih Jaket Motor Harian yang Tepat

Kamis, 19 September 2024 08:00
Gemilang Isromi Nuar

aket motor harian tidak hanya berfungsi untuk melindungi dari cuaca tetapi juga untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Panduan Lengkap Cara Memilih Jaket Motor Harian yang Tepat Ilustrasi jaket motor.

OTORIDER - Bagi para pengendara motor, jaket bukan hanya sekadar pelindung dari cuaca, tetapi juga komponen penting untuk keselamatan. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor di kota-kota besar, memilih perlengkapan berkendara yang tepat menjadi sangat penting.

Memilih jaket motor yang biasa dipakai untuk harian bisa menentukan kenyamanan dan perlindungan selama berkendara. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih jaket motor harian yang cocok:

Perhatikan Material dan Kualitas

Jaket Motor
 

Pilih jaket motor yang terbuat dari bahan mesh. Jaket dengan material mesh ideal untuk cuaca panas karena memungkinkan sirkulasi udara yang baik. "Jaket dengan bahan mesh ini bisa membuat udara mudah masuk ke dalam, yang cocok untuk dipakai riding di perkotaan pada siang hari," kata Brand Manager Respiro, M. Rosyid Ridlo saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Ukuran dan Fit yang Tepat

ilustrasi
 

Pastikan jaket yang Anda pilih sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Jaket yang terlalu besar bisa mengganggu kenyamanan dan perlindungan, sedangkan jaket yang terlalu kecil bisa mengurangi efektivitas perlindungannya. Pilih jaket yang memiliki fit snug tanpa mengorbankan mobilitas.

Cek Ventilasi

Perlengkapan
 

Untuk berkendara dalam berbagai kondisi cuaca, ventilasi adalah hal yang penting. Pilih jaket yang memiliki sistem ventilasi atau bukaan yang dapat diatur, sehingga Anda dapat menyesuaikan sirkulasi udara sesuai kebutuhan. "Untuk motoran harian di cuaca yang panas, butuh jaket yang ringan dan punya sirkulasi udara yang baik," papar Ridlo.

Coba Sebelum Membeli

Mencoba Jaket Motor Sebelum Membeli
 

Jika memungkinkan, coba jaket sebelum membeli untuk memastikan kenyamanan dan fit. Berjalan, bergerak, dan berpose seolah Anda sedang berkendara untuk mengevaluasi apakah jaket tersebut mendukung gerakan dengan baik. Selain itu, ada cara untuk mengetes jaket yang nyaman untuk digunakan harian. "Caranya dengan meniup jaket. Jaket yang cocok dipakai harian akan terasa anginnya tidak masuk ke dalam ketika ditiup, dan jika ditiup dari dalam anginnya bisa keluar," ungkap Ridlo.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih jaket motor harian yang tidak hanya nyaman, tetapi juga memberikan perlindungan yang maksimal. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.