Tips Merawat Bearing Motor Performa Tinggi, Apa yang Dilakukan?

Tips Merawat Bearing Motor Performa Tinggi, Apa yang Dilakukan? Bearing motor Faito S720.
Senin, 1 Januari 2024 17:30
Thio Pahlevi

OTORIDER - Peningkatan performa mesin pada motor tentunya perlu didukung dengan komponen high performance. Salah satu part yang sering ditemukan adalah bearing. Bearing performa tinggi sendiri memiliki peranan penting pada mesin yang telah dimodifikasi agar putarannya lebih ringan dan lancar.

Lantas, apakah bearing performa tinggi tetap memerlukan perawatan? Lalu, bagaimana cara merawatnya? Gunawan selaku Engineering PT Faito Racing Development Indonesia yang menaungi merek suku cadang Faito pun memberikan penjelasan lengkap.

Pertama, agar bearing performa tinggi dapat memiliki usia pakai yang panjang, cara pemasangannya perlu diperhatikan. Teknik pemasangan bearing yang salah atau asal-asalan dapat menyebabkan bearing mengalami kegagalan performa atau rusak sebelum waktunya.

Bearing
Bearing motor.

"Beberapa kerusakan yang timbul akibat metode pemasangan bearing yang salah di antaranya bearing jadi lebih cepat oblak, posisi bearing jadi miring sehingga rumah bearing jadi longgar. Semua hal tersebut dapat memperpendek masa pakai bearing," kata Gunawan.

Tak hanya proses pemasangan, perawatan bearing performa tinggi juga menjadi salah satu kunci penting keawetan komponen tersebut. Gunawan mengungkapkan, penggunaan pelumas dengan spesifikasi yang tepat sangat disarankan untuk menunjang performa bearing. Kesalahan faktor pelumasan bakal berakibat keausan pada bearing.

Bearing
Bearing motor.

Cara lain guna mencegah kerusakan bearing adalah memastikan sistem pelumasan di mesin beroperasi dengan baik agar seluruh komponen, termasuk bearing, terlumasi secara sempurna. Faito melalui lini produk bearing S720 menawarkan ragam keunggulan, di antaranya meminimalisir kerusakan dini karena sudah dilengkapi retainer berbahan wood laminated phenolic. Bahan khusus tersebut bertujuan memaksimalkan proses pelumasan pada bearing, sehingga performa mesin menjadi lebih baik.

"Keunggulan teknologi bearing Faito S720 tersebut akan menjadi keuntungan bagi penggunanya karena mudah dalam perawatan dan memiliki durabilitas yang lebih baik. Namun harus diperhatikan poin-poin pemasangan bearing yang benar di atas dan memilih pelumasan yang tepat untuk mesin. Tak lupa, pemasangan bearing juga harus dilakukan oleh mekanik yang sudah ahli atau berkompeten," ujar Gunawan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.