Honda dan Yamaha Kompak Dukung Dunia Pendidikan Indonesia

Honda dan Yamaha Kompak Dukung Dunia Pendidikan Indonesia
Jumat, 28 Juli 2017 15:30
Ilham Pratama

 

Meski terkesan selalu berseteru, tapi dua pabrikan motor besar asal Jepang, Yamaha dan Honda ternyata bisa kompak dalam membangun pendidikan Indonesia. Melalui program donasi, csr hingga kurikulum tepat guna di SMK.

Sejak tahun 2003 Yamaha secara konsisten terus memberikan dukungan terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Sebagai buktinya Yamaha telah bekerjasama dengan 691 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di seluruh Indonesia.

Wujud dukungan Yamaha yang diberikan kepada SMK yaitu membangun ruang praktek dan teori, pemberian informasi teknologi yang paling update dan donasi unit motor serta mesin kepada SMK.

Secara khusus bantuan dengan pembangunan ruang praktek dan teori akan sangat membantu para siswa SMK.Mereka akan mendapatkan suplai perlengkapan dan peralatan standar bengkel Yamaha yang sesuai dengan industri sepeda motor.

Selain itu, tentu dukungan berupa informasi paling update diperlukan oleh SMK baik bagi guru maupun siswa. Yamaha pun memberikan pengetahuan terbaru tentang sepeda motor berupa kurikulum yang berstandar Yamaha Technical Academy (YTA). Tidak berhenti sampai disitu, Yamaha juga memberikan donasi baik unit motor dan mesin yang nantinya dapat dipergunakan oleh siswa untuk praktek.

“Perlu dipahami perkembangan dunia industri otomotif khususnya sepeda motor tumbuh pesat, sehingga perlu adanya penyelarasan pengetahuan antara SMK dengan industri itu sendiri. Yamaha akan selalu konsisten mendukung perkembangan dunia pendidikan khususnya SMK,” tegas M. Abidin, GM After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sedangkan PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung Kemenperin mengembangkan SMK Pilot Project diperkuat dengan bantuan berupa 20 unit sepeda motor Honda dan special tools praktek kerja bengkel kepada 20 SMK yang menjadi mitra binaan AHM. Dengan ditandatanganinya kerjasama ini, kini AHM bersama Kemenperin telah memiliki 52 SMK Pilot Project berbasis kompetensi teknologi sepeda motor yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan kini memasuki provinsi Jawa Barat.

Ketua Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan komitmen AHM dalam mengembangkan pendidikan vokasi sudah dimulai sejak tahun 2010 melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda. Melalui program ini, AHM membekali generasi muda yang tengah menimba ilmu di jenjang SMK agar mampu memperkuat kompetensi tekniknya sesuai perkembangan teknologi di industri sepeda motor Tanah Air.

"Sebagai pelaku indutri, kami ingin bersama-sama pemerintah melakukan masifikasi kesiapan tenaga terampil melalui pendidikan vokasi. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan teknik sepeda motor yang mumpuni akan memudahkan siswa SMK terjun ke masyarakat memberikan layanan purna jual. Kami akan melanjutkan program KTSM Astra Honda ini yang kini telah diimplementasikan di 652 SMK di seluruh Indonesia,” ujar Muhibbuddin yang juga menjabat sebagai Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Sebelumnya, upaya AHM dalam mengembangkan KTSM Astra Honda diapresiasi Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menobatkan AHM sebagai Perusahaan Pelopor Program Link and Match Bidang Keahlian TSM pada tahun 2013. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.