Honda Revo vs Suzuki Address Playful, Komparasi Beda Genre, Tapi Harga Mirip!

Honda Revo vs Suzuki Address Playful, Komparasi Beda Genre, Tapi Harga Mirip!
Kamis, 19 Oktober 2017 08:05
Yulian Lahardi

Pilihan motor jenis bebek masih cukup marak di pasar Tanah Air. Terlebih lagi, baru-baru ini PT Astra Honda Motor (AHM) juga menggelontorkan varian baru dari generasi Revo, yaitu tipe X. Namun, bila melihat dari sisi harga , Revo X yang dijual Rp 15,325 juta (On the Road DKI Jakarta) ternyata beririsan dengan  harga skutik milik Suzuki yaitu Address Playful. Saat ini, Suzuki Address Playful dibanderol Rp 15,4 juta (On the Road DKI Jakarta).

Nah, sebelum Anda meminang Honda Revo X yang merupakan motor jenis 'bebek', ada baiknya bandingkan dengan Suzuki Address Playful yang sejatinya adalah sebuah skutik.Keduanya memang berbeda genre, masing-masing punya karakter tersendiri. Misal, secara kekinian tentu memiliki skutik tidak perlu lagi bersusah payah melalukan gear to gear secara manual, tapi bebek pakai pelek lingkar 17 inci, sehingga mampu meredam guncangan jalan dengan baik..

Suzuki Address Playful

Suzuki Address Playful sendiri berkapasitas mesin 110 cc dan mengusung mesin satu silinder, 4-Tak dengan berpendingin udara, SOHC. Sejatinya, konfigurasi mesin yang diadopsi pada Address Playful sama dengan Honda Revo X, yaitu  satu silinder, 4-tak dengan berpendingin udara, SOHC. Termasuk kapasitas mesin juga sama, 110 cc.

Nah, beralih ke dimensi, Suzuki Address Playful memiliki panjang 1.855 mm, lebar 655 mm, dan tinggi 1.095 mm. Sementara wheelbase dan ground clearance masing-masing 1.260 mm dan 120 mm. Untuk bobotnya sendiri Address Playful kena 97 kg.

Sedangkan untuk Honda Revo X memiliki panjang, lebar, dan tinggi, masing-masing  1.919 x 709 x 1.080 mm. Artinya, dilihat dari sisi dimensi, Revo X lebih panjang dan lebar ketimbang Address Playful. Sedangkan untuk tingginya, Address Playful lebih tinggi 0.015 mm dari Revo X.

Sementara itu bila melihat dari wheelbase dan ground clearance Revo X masing-masing  1.227 mm dan 135 mm. Bila dibandingkan dengan jarak sumbu roda Suzuki Address Playful, maka wheelbase Revo X lebih pendek 0.033 mm, tapi ground clearance Revo X lebih tinggi 15 mm ketimbang Address Playful.

New Honda Revo X

Nah, pertimbangan lain ketika Anda melirik Address Playful adalah ruang bagasi dengan kapasitas 20,6 liter yang dapat menampung helm full face dan ruang penyimpanan barang di depan yang  cukup besar. Setidaknya riders bisa meletakkan dua botol minuman berukuran besar.

Sejumlah fitur lain yang diunggulkan pada Address Playful adalah pengaman kunci dengan kunci pembuka jok. Selain itu, pijakan kaki yang lapang juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Untuk model luarnya sendiri, Address Playful juga terlihat sebagai skutik yang modern dengan jok dua warna serta desain cover muffler terbaru. Sedangkan New Honda Revo X memiliki tampilan desain depan baru yang semakin agresif melalui front cover yang lebih berlekuk dengan sirip udara. Untuk memperkuat tampilan desain yang tajam dan agresif, Revo X diberi penyegaran pada desain stripe dan desain dial panel meter yang kini semakin modern dan sporty.

Komparasi Skutik

Kemudian beralih pada sistem pembakaran bahan bakar, kedua motor ini sudah mengadopsi model injeksi, yang dikenal Fuel Injection (FI) pada Suzuki, dan  PGM-FI pada Honda. Nah, berkaitan dengan fitur dan teknologi mesin ini, di sebuah kesempatan, Rina Listiani selaku Public Relations Manager AHM, pernah berujar bahwa pihaknya akan terus mengembangkan inovasi fitur dan mesin guna memeuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Anda pilih yang mana?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.