Jangan Abaikan Cat Bodi Motor, Begini Cara Perawatannya!

Jangan Abaikan Cat Bodi Motor, Begini Cara Perawatannya!
Selasa, 6 Februari 2018 17:00
Yulian Lahardi

Bagi Anda yang baru saja membeli motor baru atau bekas dengan bodi masih mengilap, jangan abaikan perawatan. Pasalnya, bila kurang diperhatikan maka motor akan terlihat kusam atau termakan usia.

Nah berikut ini sejumlah ilustrasi kejadian yang bisa menyebabkan motor kurang enak dilihat. Kejadian ini biasa terjadi di tempat parkir motor atau di lokasi yang terbuka dan langsung terkena pancaran sinar matahari. "Panas dari sinar matahari sangat berpengaruh pada warna cat motor yang bisa memudar. Radiasi sinar ultraviolet (UV) mampu mendekonstruksi lapisan cat, umumnya warna cat motor menjadi pudar, menguning, atau terlihat kusam," jelas Hadi Black, pemilik bengkel perbaikan bodi dan cat Auto Black di kawasan Sentra Spare Parts BSD, Tangerang Selatan.

All New Kawasaki Ninja 250

Lanjutnya, untuk itu parkirkan motor di tempat yang teduh atau tertutup. "Bisa juga dengan menutupi motor dengan sarung motor yang bisa dibeli di toko-toko aksesori motor," ungkapnya seraya menyebut debu yang terlalu lama melekat di bodi juga akan membuat daya mengilap plastik bodi semakin berkurang. 

Ilustrasi lain adalah polusi udara yang membuat kondisi air hujan jadi makin asam dan akan berpengaruh ke warna cat motor. "Air hujan mengandung zat asam nitrat yang mampu merusak lapisan luar cat motor. Selain itu air hujan juga mengakibatkan proses korosi pada bagian logam, semisal pada mesin dan sasis," tutur Hadi lagi.

"Biasakan bilas motor yang telah terkena air hujan dengan air bersih dan jangan sampai menundanya," tuturnya.

Mudah bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.