Komparasi Yamaha Mio S vs Honda BeAT Pop vs Suzuki Address Playful

Komparasi Yamaha Mio S vs Honda BeAT Pop vs Suzuki Address Playful
Rabu, 18 Oktober 2017 13:30
Yulian Lahardi

Baru-baru ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan Yamaha Mio S sebagai varian baru di kawasan Ancol, Jakarta Utara (14/10). Sejumlah kelebihan dimiliki pesaing Suzuki Address Playful dan Honda BeAT Pop tersebut.

Nah, kali ini OtoRider berikan komparasi menyoal kelebihan dari ketiga skutik yang banderolnya mirip-mirip ini, yaitu ada di angka Rp 15 jutaan. Manakah yang Anda pilih? Silakan simak ulasan ini sebagai bahan pertimbangan.

Yamaha Mio S

Komparasi Skutik

Langkah awal untuk mencermati Mio S ini adalah dari harga yang ditawarkan yaitu Rp 15,75 juta (On the Road Jakarta). Sasaran berikutnya adalah mesin yang sudah menggendong kapasitas 125 cc dengan teknologi Blue Core yang diklaim lebih irit bahan bakar tanpa mengabaikan performa.

Secara lengkap, Mio S memiliki mesin satu silinder, berpendingin udara, 4-tak, SOHC. Dari mesin itulah Mio S mampu mengeluarkan tenaga 9,52 hp pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Bila melihat dari dimensi, Mio S memiliki ukuran 1.870 x 685 x 1.060 mm (Panjang x lebar x tinggi). Sementara untuk jarak terendah ke tanah 135 mm dengan bobot 94 kg.

Nah, nilai kebaruan dari Mio S ini salah satunya adalah sudah mengadopsi ban tubeless dan tapak ban lebih lebar. Ukuran ban Mio S adalah 80/80-14 untuk bagian depan dan 100/70-14 untuk bagian belakang. Penggunaan model ban seperti ini diakui oleh YIMM guna menambah kenyamanan dan keseimbangan pengendalian lebih terasa saat mengemudi.

Langkah selanjutnya adalah Mio S juga sudah dibekali desain bodi yang ramping dengan kombinasi lampu depan LED dan  paduan desain nuansa berlian. Alhasil, dengan model seperti itu akan membuat Mio S sebagai center of interest.

Bukan itu saja, Mio S ini juga sudah dilengkapi kait barang yang bisa dilipat sehingga lebih praktis dan berkelas. Tidak ketinggalan fitur Answer Back System yang memudahkan pemilik motor mencari kendaraan di parkiran. Berikutnya juga ada fitur lampu hazard yang memudahkan beri tanda dalam situasi darurat. Untuk pilihan warnanya ada special green, smart white, spirit red, dan strong black.

Suzuki Address Playful

Komparasi Skutik

Harga yang ditawarkan skutik berkapasitas mesin 110 cc ini adalah 15,4 juta (On the Road Jakarta). Suzuki Address Playful sendiri sudah mengusung mesin satu silinder, 4-tak dengan berpendingin udara, SOHC.

Bila melihat dari dimensi, Suzuki Address Playful memiliki panjang 1.855 mm, lebar 655 mm, dan tinggi 1.095 mm. Sementara wheelbase dan ground clearance masing-masing 1.260 mm dan 120 mm. Untuk bobotnya sendiri Address Playful kena 97 kg.

Sejumlah fitur kekinian juga akan didapat pada Address Playful. Sebut saja ruang bagasi dengan kapasitas 20,6 liter yang dapat menampung helm full face dan ruang penyimpanan barang di depan yang lapang atau mampu meletakkan dua botol minuman berukuran sedang.

Selain itu pengaman kunci dengan kunci pembuka jok serta pijakan kaki yang lapang juga bisa menjadi bahan pertimbangan. Untuk model luarnya sendiri, Address Playful juga terlihat sebagai skutik yang modern dengan jok dua warna serta desain cover muffler terbaru.

Honda BeAT Pop

Honda BeAT Pop

Honda BeAT Pop memang memiliki tampilan dengan corak yang lebih dinamis ketimbang varian lain. Selain itu tipenya juga bervariasi dimulai dari harga Rp Rp.14.725.000 hingga Rp 15.425.000 (On the Road Jakarta).

Bila melihat dari spesifikasinya, BeAT Pop sudah mengusung mesin berkapasitas 110 cc, 4 tak, SOHC dengan berpendingin udara, eSP. Dari mesin ini Honda BeAT Pop mumpuni menghasilkan tenaga maksimum 8,68 hp pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 9,01 Nm pada 6.500 rpm.

Secara dimensi, Honda BeAT Pop memiliki panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, dan tinggi 1.068 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda 1.256 mm dan ground clearance 140 mm. Nah, kalau bobotnya sendiri 95 kg.

Sejumlah fitur yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Ambil contoh New Eco Indicator (NEI) yang memberikan sinyal bahwa cara mengemudi Anda sudah efisien. Selain itu bagasi memiliki volume 11 liter dan secure key shutter yang menjadikan parkir kendaraan menjadi lebih aman karena sistem penguncian bermagnet yang kuat.

Kesimpulan

Nah, OtoRider coba bantu simpulkan dari ulasan ketiga skutik di atas. Namun, tentunya lagi-lagi pilihan akhir tetap ada pada Anda. Bila Anda masih menimbang bahwa budget adalah skala prioritas, tentunya Suzuki Address Playful atau BeAT Pop dengan kasta terendah bisa menjadi pertimbangan yang matang. 

Selain itu, ruang barang pada Address Playful yang bervolume 20,6 liter juga bisa menjadi pusat perhatian dalam mempertimbangkan membeli skutik ini, terutama bagi customer yang selalu membawa barang bawaan berlebih.

Namun, bila Anda melihat dari sisi new value, tentunya Mio S paling terlihat sisi kebaruan ketimbang dua skutik lainnya. Secara desain dan fitur juga menjanjikan customer akan terpuaskan. Nah, yang paling menjanjikan adalah secara kapasitas mesin, Mio S jauh lebih besar ketimbang kedua skutik lainnya, yaitu 125 cc dan di atas kertas, tenaga maksimum yang dihasilkan juga lebih baik.

Pun begitu, untuk fitur dan desain Honda BeAT Pop juga tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, nama besar serta jaringan aftersales service yang sudah tersebar di seluruh wilayah Tanah Air menjadi jaminan Anda untuk meliriknya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.